2 nelayan Gaza gugur, 20 lainnya ditangkap dan 37 perahu oleh Israel selama 2017

Jalur Gaza, SPNA - Sejak 10 tahun terakhir Jalur Israel telah memblokade Gaza baik secara ekonomi, politik, sosial dan budaya. Hal ini sangat mempengaruhi seluruh lini kehidupan di Gaza, secara geografis, laut,darat..

BY adminEdited Sun,26 Nov 2017,09:28 AM

Jalur Gaza, SPNA - Sejak 10 tahun terakhir Jalur Israel telah memblokade Gaza baik secara ekonomi, politik, sosial dan budaya. Hal ini sangat mempengaruhi seluruh lini kehidupan di Gaza, secara geografis, laut,darat..

Blokade terhadap laut mengakibatkan nelayan Palestina tidak dapat bergerak bebas mencari tangkapan ikan.

Menyikapi hal ini nelayan Palestina mengadakan aksi protes melawan pasukan pendudukan Israel di pelabuhan Gaza, Sabtu (25/11/2017).

Nezal Aish dalam pidatonya mengatakan : ‘’Pasukan Israel hingga saat ini masih menyita kapal nelayan dan menembaki mereka dimana hal ini mempersulit para nelayan.’’

‘’Israel semakin mempersempit area penangkapan ikan. Sejak 2012 nelayan Gaza hanya diizinkan mencari ikan di jarak 6 mil saja. Hal ini bertentangan dengan kesepakatan yang ditandatangi Israel agar mengizinkan para nelayan mencari ikan 20 mil dari pelabuhan.’’

Selama tahun 2017, 2 nelayan Gaza gugur ditembak pasukan Israel, 27 lainnya ditangkap dan 37 perahu disita. Israel juga menghancurkan beberapa perahu lainnya.

 Aish menuntut pemerintah Palestina bekerja keras memaksa Israel agar memperluas area penangkapan ikan, melepaskan perahu nelayan yang ditahan, serta mendukung nelayan melalui program yang dapat mempertahankan profesi mereka serta memenuhi kebutuhan keluarga mereka.

Aish juga meminta masyarakat internasional untuk menekan Israel agar tidak memburu nelayan, serta memperluas wilayah penangkapan ikan menjadi 20 mil sesuai dengan konvensi internasional.

Adnan Fadl al-Aqra, seorang nelayan Palestina berusia 56 tahun yang telah menekuni profesi tersebut selama 33 tahun,  menceritakan bahwa Israel secara sengaja menembak nelayan yang mencari ikan di wilayah yang  telah ditetapkan.

‘’Nelayan umumnya ditahan tanpa alasan. Perahu mereka juga disita selama berbulan-bulan dan kadang sampai bertahun-tahun, ‘’ ungkapnya. (T.RS/S)

 

Abdel Hamid Akkila

leave a reply
Posting terakhir