Al-Azhar: Jerusalem adalah ibukota abadi Palestina bukan Israel

Cairo, SPNA -  Al-Azhar dan Liga Arab, Senin (4/12/2017) mengadakan seminar berjudul ‘’Ekstremisme dan dampak negatif pada warisan Arab’’, di gedung Al-Azhar Conference Centre, Nasr City, Cairo.

BY adminEdited Tue,05 Dec 2017,09:05 AM

Cairo, SPNA -  Al-Azhar dan Liga Arab, Senin (4/12/2017) mengadakan seminar berjudul ‘’Ekstremisme dan dampak negatif pada warisan Arab’’, di gedung Al-Azhar Conference Centre, Nasr City, Cairo. Seminar tersebut diadakan dibawah pengawasan Syeikh Al-Azhar, Dr. Ahmed Al-Tayeb serta Liga Arab.

Al-Azhar dalam seminar itu, menekankan bahwa Jerusalem/Al-Quds adalah kota abadi bagi Negara Palestina. Al-Azhar juga menuntut agar resolusi yang telah ditetapkan UNESCO nomor 2334 yang menetapkan Jerusalem hak milik warga Palestina untuk dihormati dan dilaksanakan. 

Khalil Qarajeh al-Rifai, direktur Jendral Lembaga Ihya Turast di Kementerian Wakaf dan Urusan Agama mengatakan bahwa seminar tersebut menetapkan resolusi penting  diantaranya penolakan terhadap ancaman pengakuan Jerusalem sebagai ibu kota Israel.

Dalam pidatonya di terkait Palestina, Khalil al-Rifai mengatakan: "Ketika berbicara tentang Jerusalem, maka anda harus mengesampingkan isu lain. Pengakuan pemerintah AS  terhadap Jerusalem sebagai ibu kota Yahudi berarti mengakhiri proses perdamaian. Hal ini juga merupakan musibah besar  bagi umat Islam, kami dengan tegas menolak rencana  AS tersebut.’’  

Dia juga meminta juga  agar hasil konferensi tersebut  berisi peringatan yang jelas kepada pemerintah AS bahwa Al-Azhar sebagai lembaga sunni internasional menolak semua bentuk ekstremisme dan terorisme.

Al-Rifai juga menyerukan umat Islam mengunjungi kota Jerusalem dan Masjid Al-Aqsa demi melindungi situs suci tersebut.

Dia juga menjelaskan peran Kementerian Wakaf Mesir serta Yayasan Ihya’ Turats dalam melestarikan identitas Jerusalem sebagai ibukota umat Islam dan Arab.

Beberapa delegasi Palestina termasuk Dr. Hassan Al-Hilali dan Wadha Jarad disebutkan berpartisipasi dalam konferensi tersebut, seperti dilaporkan Maannews.

(T.RS/S:Maannews)

leave a reply
Posting terakhir