Grand Syaikh Al-Azhar serukan khatib Jumat di seluruh dunia mendukung kota suci Yerusalem dalam khutbah Jumat besok

Cairo, SPNA –  Grand Syaikh Al-Azhar, Syeikh Ahmed Al-Tayeb, Rabu (06/12/2017) menyerukan tokoh agama di Mesir dan internasional untuk membahas isu terkait Masjid Al-Aqsa dalam khutbah Jumat besok, paska deklarasi Donald Trump.

BY adminEdited Thu,07 Dec 2017,08:44 AM

Cairo, SPNA - Grand Syaikh Al-Azhar, Syeikh Ahmed Al-Tayeb, Rabu (06/12/2017) menyerukan tokoh agama di Mesir dan internasional untuk membahas isu terkait Masjid Al-Aqsa dalam khutbah Jumat besok, paska deklarasi Donald Trump.

Tayeb juga menginstruksikan Kementerian Wakaf untuk menjadikan tema khutbah Jumat di seluruh Masjid di Republik Arab Mesir terkait Yerusalem.

Beliau juga menyerukan masyarakat muslim dunia untuk membahas kedudukan kota Yerusalem dalam khutbah Jum’at serta mendukung hak-hak warga Arab dan Palestina yang telah diakui seluruh perjanjian dan resolusi internasional di kota suci itu. 

Sebelumnya, dalam pertemuan dengan mantan PM Inggris Tony Blair,   Grand Syekh memperingatkan bahaya yang ditimbulkan jika AS merelokasi kedutaannya ke Yerusalem. Grand Syekh mengatakan bahwa gerbang neraka akan terbuka di Barat sebelum di Timur jika Trump mendeklarasi Yerusalem sebagai kota Israel.

Tayeb juga menyerukan ulama muslim dunia untuk mengadakan sidang bersama dengan tokoh-tokoh Kristen dan lembaga internasional untuk menyikapi keputusan AS tersebut Januari mendatang.

‘’Trump mengabaikan perasaan lebih dari 1,5 miliar Muslim  dan jutaan warga Kristen Arab,’’tegansya.

Grand Syaikh juga meminta masyarakat internasional dan institusi terkait untuk menangani masalah ini dan membatalkan legitimasi resolusi Trump tersebut serta menegaskan hak rakyat Palestina di tanah yang diduduki, dengan Yerusalem sebagai ibukotanya.

Dalam pidato di Gedung Putih, Presiden AS Donald Trump mendeklarasikan pengakuan AS bahwa Yerusalem ibu kota Israel. Trump juga menegaskan bahwa akan merelokasi kedutaannya ke Al-Quds.

‘’Saya akan meminta Departemen Luar Negeri AS untuk memindahkan kedutaan kita ke Yerusalem,’’ kata Trump. (T.RS/S:Youm7)

leave a reply
Posting terakhir