Israel hancurkan terowongan ‘signifikan’ Hamas

Gaza, SPNA - Pasukan Israel, Ahad (10/12/2017), menghancurkan terowongan “penting” yang melintas dari dari Jalur Gaza, yang menurut militer digali oleh Hamas.

BY 4adminEdited Mon,11 Dec 2017,11:00 AM

Gaza, SPNA - Pasukan Israel, Ahad (10/12/2017), menghancurkan terowongan “penting” yang melintas dari dari Jalur Gaza, yang menurut militer digali oleh Hamas.

Pengumuman tersebut, yang dihapus oleh otoritas sensor Israel yang sebelumnya melarang adanya laporan mengenai pekerjaan pendektesian di sekitar perbatasan Gaza tengah, terjadi saat bentrokan terjadi meluas di Palestina, sebagai tanggapan atas pengakuan AS terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Ledakan itu pun terjadi saat faksi-faksi Palestina mencoba memenuhi batas waktu penyerahan Gaza dari Hamas kepada Presiden Mahmoud Abbas  yang dijembatani oleh Mesir, yang jatuh pada hari Ahad.

Sebuah jaringan terowongan Gaza memungkinkan Hamas telah membuat pasukan superior Israel kalang kabut selama perang 2014. Maka Israel, dengan bantuan AS, sejak saat itu berusaha melakukan tindakan balasan.

Terowongan yang dihancurkan pada hari Ahad terbentang ratusan meter ke wilayah Israel dan, meski belum selesai, terowongan tersebut merupakan proyek proyek baru yang menunjukkan "upaya signifikan Hamas", juru bicara militer Letnan Kolonel Jonathan Conricus mengatakan kepada wartawan.

Dia tidak menjelaskan bagaimana Israel mengetahui bahwa Hamas bertanggung jawab atas terowongan tersebut, yang menurutnya mencapai 1 km (0,6 mil) dari komunitas sipil Israel terdekat.

Hamas tidak segera memberikan komentar terkait hal ini.

Sebelumnya, pada 30 Oktober lalu, Israel telah meledakkan sebuah terowongan yang digali oleh Jihad Islam. Dalam proses pembongkaran tersebut, 10 anggota dari kelompok tersebut dan dua lainnya dari Hamas meninggal - kematian yang oleh sumber Israel digambarkan sebagai hasil yang tidak diinginkan dari keruntuhan bagian tersebut di wilayah Gaza.

Conricus mengatakan bahwa "sepengetahuan kami" tidak ada korban jiwa pada ledakan hari hari Ahad kemarin, meskipun dia menambahkan bahwa terowongan itu bisa menjadi "jebakan kematian" bagi orang-orang bersenjata Gaza.

"IDF (Pasukan Pertahanan Israel) akan terus menemukan, mengekspos dan menghancurkan terowongan teror ini," katanya.

(T.RA/S: Middle East Monitor)

leave a reply
Posting terakhir
Israel hancurkan terowongan Gaza, 7 pejuang gugur

Israel hancurkan terowongan Gaza, 7 pejuang gugur

Senin (30/10/2017), dilaporkan tujuh warga Palestina, termasuk seorang komandan Jihad Islam dan dua anggota Hamas, gugur dan 11 lainnya terluka, setelah Israel meledakkan sebuah terowongan yang menuju ke negara tersebut dari Gaza.