Untuk keempat kali berturut-turut, ribuan warga Israel tuntut Netanyahu mundur karena kasus suap

Jerusalem, SPNA -  Ribuan warga Israel, Sabtu (23/12/2017) kembali melakukan demonstrasi menentang korupsi pemerintah Israel di Tel Aviv, Yerusalem dan Haifa.

BY adminEdited Sun,24 Dec 2017,12:52 PM

Jerusalem, SPNA -  Ribuan warga Israel, Sabtu (23/12/2017) kembali melakukan demonstrasi menentang korupsi pemerintah Israel di Tel Aviv, Yerusalem dan Haifa.

Para demonstran menuntut pengunduran diri Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu atas penyelidikan sejumlah kasus korupsi terhadap Netanyahu dan rekan dekatnya. Protes ini terjadi setiap hari Sabtu keempat kalinya secara berturut-turut.

Untuk pertama kalinya, Moshe Ya’alon mantan Menteri Pertahanan yang dituntut mengundurkan oleh Netanyahu juga ikut serta dalam demonstrasi di Yerusalem.

Selain itu anggota partai Kulano, mitra dalam koalisi pemerintah juga ikut serta dalam demonstrasi tersebut.

Ya’alon dalam orasinya mengatakan : “Korupsi pemerintah Israel  yang merusak tatanan pemerintahan, menghilangkan kepercayaan masyarakat, adalah bahaya yang jauh lebih besar daripada ancaman Hamas, Iran dan ISIS. ‘’

Demonstrasi terbesar terjadi di Tel Aviv, dimana sejumlah perwakilan dari partai blok oposisi di parlemen Israel ikut serta dalam demonstrasi tersebut.

Sementara dilaporkan bahwa  setelah pihak kepolisian bersiap mengajukan rekomendasi kepada jaksa agung setelah  melakukan serangkaian investigasi dengan Netanyahu dalam kerangka file 1000 dan 2000.

Kedua file ini terkait dengan kecurigaan bahwa Netanyahu menyalahgunakan kekuasaan dengan memberikan pelayanan tertentu kepada sejumlah pengusaha dengan imbalan puluhan ribu Shekkel.

Polisi juga masih melakukan penyelidikan tahap awal terhadap dua berkas tambahan dengan nama 3.000 dan 4.000. (T.RS/S:Maannews)

leave a reply
Posting terakhir