Hamas-Fatah Berkumpul Membahas Rekonsiliasi damai Palestina,

BY Rizky SyahputraEdited Fri,08 Apr 2016,07:32 AM

Hamas - Fatah Bertemu Membahas Rekonsiliasi dan Perkembangan Hubungan Dengan Mesir

Gaza City (Suarapalestina). Dua delegasi para petinggi Faksi Hamas dan Faksi Fatah di Gaza, Kamis (07/04) duduk bersama dalam rangka membahas perkembangan rekonsiliasi internal dan progres hubungan dengan para pejabat pemerintah Mesir.

Kedua delegasi tersebut melakukan diskusi mendalam terkait hasi hasil perbincangan yang terjadi dari petinggi kedua pergerakan Palestina tersebut saat bertemu di Doha, ibu kota Qatar yang mana poin terpenting hasil pertemuan tersebut adalah penegasan untuk merealisasikan hasil kesepakatan rekonsiliasi yang telah tercapai sebelumnya.

Dalam pertemuannya tersebut, kedua pihak juga menyentuh sejumlah isu lain yang berkaitan dengan masa depan Palestina secara politik baik di Jalur Gaza maupun di Tepi Barat.

Adapun hal terkait hubungan dengan Mesir, Zakaria Agha, anggota komite pusat Faksi Fatah mengatakan pihaknya senang dan mendukung usaha perbaikan hubungan antara Hamas dan Mesir.

Zakaria menilai, "cukup mengetahui bahwa kunjungan delegasi Hamas ke Mesir berjalan lancar, itu menunjukkan hal yang sangat penting", seraya berharap "hubungan antara Hamas dan Mesir bisa terus membaik".

Sementara itu, Wakil kepala biro politik Hamas, Ismail Haniya mengatakan "pergerakan untuk mengembalikan dan memperbaiki hubungan dengan mesir adalah pergerakan yang jelas dan diperlukan serta menunjukkan pentingnya peran Mesir dalam isu Palestina".

Haniya juga menekankan bahwa strategi politik Hamas terhadap Mesir berdiri di atas komitmen pihaknya yang tidak akan campur tangan terhadap persoalan mesir dalam hal keamanan".

leave a reply
Posting terakhir

Sidang di Brussel membahas rekonsiliasi di Palestina

Brussel, SPNA - Anggota Komite Pusat Fatah dan Komisaris Hubungan Nasional, Azzam Ahmad beserta Duta Besar Palestina untuk Swiss Ibrahim Kharishah berpartisipasi dalam pertemuan internasional non-formal membahas ...