Kedutaan AS akan dipindahkan tahun ini, ungkap Trump kepada Israel

Washington, DC, SPNA - Presiden AS Donald Trump mengatakan kepada Israel bahwa dia berencana untuk memindahkan Kedutaan Besar Amerika ke Yerusalem tahun ini, situs Israel Wallah mengungkapkan pada hari Selasa (02/01/2018).

BY adminEdited Thu,04 Jan 2018,01:07 PM

Washington, DC, SPNA - Presiden AS Donald Trump mengatakan kepada Israel bahwa dia berencana untuk memindahkan Kedutaan Besar Amerika ke Yerusalem tahun ini, situs Israel Wallah mengungkapkan pada hari Selasa (02/01/2018). Trump rupanya menekan departemen pemerintah terkait di Washington untuk berkoordinasi dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk mendapatkan prosedur dimulainya relokasi.

"Presiden Trump mengirim pesan yang jelas bahwa dia ingin segera memulai relokasi kedutaan," kata seorang sumber Gedung Putih. "Dia menekankan bahwa pekerjaan akan dimulai sesegera mungkin di tahun 2018."

Meskipun diketahui bahwa tidak ada bangunan baru yang tersedia untuk kedutaan, beberapa sumber mengklaim bahwa mereka pindah ke "hotel diplomatik" di Yerusalem.

Israel menduduki Yerusalem Barat pada tahun 1948 dan Yerusalem Timur pada tahun 1967. Pada tahun 1980, pemerintah mengumumkan bahwa mereka telah mencaplok Yerusalem dan bahwa kota itu adalah ibukota "tak terbagi" Israel. Bulan lalu, Trump mengakui Yerusalem sebagai "ibukota abadi" Israel dan mengumumkan rencana untuk memindahkan kedutaan AS ke kota suci tersebut. Di bawah hukum internasional, wilayah Yerusalem masih diduduki.

(T.RA/S: Middle East Monitor)

leave a reply