Bahas situasi di Al-Quds, Liga Arab gelar sidang di Amman

Amman, SPNA - Wakil Sekjen Liga Arab Hossam Zaki mengatakan bahwa Liga Arab akan melaksanakan sidang tingkat Menteri hari ini, Sabtu (06/1/2018).

BY adminEdited Sat,06 Jan 2018,10:04 AM

Amman, SPNA - Wakil Sekjen Liga Arab Hossam Zaki mengatakan bahwa Liga Arab akan melaksanakan sidang tingkat Menteri hari ini, Sabtu (06/1/2018).

Zaki menambahkan, sidang tersebut bertujuan untuk mengambil langkah-langkah menyikapi keputusan AS yang menyatakan Yerusalem ibu kota Israel dan relokasi dubes AS ke kota suci tersebut.

Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Malki juga akan menyampaikan laporan mengenai perkembangan langkah-langkah yang akan diambil Palestina terhadap deklarasi tersebut.

Sejumlah perwakilan Kemenlu negara-negara Arab akan bertasipasi dalam sidang itu, diantaranya, Yordania, Palestina, Mesir, Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Maroko,sera Sekjen Liga Arab Ahmed Abo Al-Gheit.

Aboul Gheit dijadwalkan melakukan perjalanan ke Amman pada hari Sabtu pagi untuk menghadiri sidang tersebut serta melakukan konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi.

Sidang ini merupakan bagian dari pergerakan negara-negara Arab merespon Deklarasi kontroversi Donald Trump yang menetapkan secara resmi bahwa seluruh wilayah Al-Quds adalah ibukota bagi Israel serta akan merelokasi kedubesnya ke kota suci tersebut 6 Desember lalu.

AS juga dilapokan menawari Pemerintah Palestina untuk menjadikan Abu Dis Ibukota Negara menggantikan dan menyerahkan Al-Quds untuk Israel.

Deklarasi Trump tersebut membuat hubungan Palestina – AS tegang dimana Palestina menolak menjadikan AS mediasi perundingan damai dengan Israel.

Majelis Umum PBB, Kamis (21/12/2017) menetapkan sebuah resolusi dengan dukungan 128 negara bahwa status Al-Quds harus diselesaikan melalui perundingan langsung antara Palestina dan Israel, sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB terkait.

(T.RS/S:Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir