Jalin kerja sama dagang, Netanyahu kunjungi India

New Delhi, SPNA - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tiba di New Delhi, Ahad (14/01/2018), pada kunjungan pertamanya ke India untuk memperdalam hubungan pertahanan, ....

BY 4adminEdited Mon,15 Jan 2018,10:41 AM

New Delhi, SPNA - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tiba di New Delhi, Ahad (14/01/2018), pada kunjungan pertamanya ke India untuk memperdalam hubungan pertahanan, ekonomi dan budaya antara kedua negara yang telah menjalin hubungan diplomatik hampir 25 tahun lalu.

Perdana Menteri India Narendra Modi menyambut Netanyahu, yang merupakan pemimpin Israel kedua yang mengunjungi India setelah Ariel Sharon pada tahun 2003, di bandara Palam.

"Perdana Menteri India (Narendra) Modi adalah teman dekat Israel dan saya. Dan saya menghargai atas kesediaannya menemani saya dalam kunjungan saya," kata Netanyahu sebelum berangkat ke New Delhi. "Kami memperkuat hubungan antara Israel dan kekuatan global yang penting ini."

Modi, yang membuat sejarah pada bulan Juli saat menjadi PM India pertama yang mengunjungi Israel, akan menemani Netanyahu dalam sebagian besar kunjungannya yang juga akan membawanya ke Mumbai, Ahmedabad dan Agra.

Netanyahu telah melakukan hal yang sama untuk Modi pada bulan Juli lalu.

"Selamat datang di India, teman saya PM @netanyahu! Kunjungan Anda ke India bernilai bersejarah dan spesial. Ini akan semakin memperkuat persahabatan dekat antara bangsa kita, "Modi mentweet dalam bahasa Inggris dan Ibrani.

Israel akan menginvestasikan $ 68,6 juta di bidang pariwisata, teknologi, pertanian dan inovasi selama periode empat tahun, kata seorang pejabat senior Israel menjelang kunjungan tersebut.

Dari bandara, Modi dan Netanyahu langsung menuju ke Teen Murti Chowk di Delhi tengah, menghadiri upacara penggantian nama peringatan perang sebagai Remaja Murti-Haifa Chowk.

Tiga patung perunggu di Teen Murti mewakili Hyderabad, Jodhpur dan Mysore Lancers, tiga dari 15 Brigade Kavaleri Layanan Kekaisaran yang membebaskan kota Israel Haifa pada tanggal 23 September 1918 selama Perang Dunia 1.

Nama tersebut menggarisbawahi adanya hubungan dan sejarah bersama antara Israel dan India, kata Netanyahu seusai acara tersebut, menurut pejabat Israel.

Israel adalah salah satu pemasok senjata terbesar India, yang mengekspor rata-rata $ 1 miliar peralatan militer setiap tahunnya.

Tapi beberapa hari sebelum kedatangan Netanyahu, India membatalkan kesepakatan untuk membeli 8.000 rudal pelontar anti-tank dari kontraktor pertahanan milik Israel Rafael.

Pada bulan Desember, New Delhi telah memilih untuk memilih sebuah resolusi PBB yang mengecam pengakuan AS atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

"Hubungan keduanya adalah hubungan yang sangat baik ... sangat kuat dan sangat penting bagi kedua negara sehingga perasaan kami tidak ada yang dapat membalikkannya," kata duta besar Israel untuk India Daniel Carmon pada hari Jumat saat ditanyai mengenai pemungutan suara tersebut.

Menteri urusan luar negeri Sushma Swaraj bertemu Netanyahu di malam hari sementara Modi menjamunya untuk makan malam pribadi.

(T.RA/S: Hindustan News)

leave a reply
Posting terakhir