Warga Palestina peroleh layanan mobile 3G di Tepi Barat

Gaza, SPNA - Penyedia layanan seluler Palestina Jawwal dan Wataniya Mobile akan meluncurkan jaringan seluler 3G untuk pelanggan di wilayah Tepi Barat yang .....

BY 4adminEdited Tue,16 Jan 2018,09:47 AM

Gaza, SPNA - Penyedia layanan seluler Palestina Jawwal dan Wataniya Mobile akan meluncurkan jaringan seluler 3G untuk pelanggan di wilayah Tepi Barat yang diduduki Israel pada akhir Januari, kata seorang pejabat pada hari Senin (15/01/2018).

Suleiman al-Zuhairi, Wakil Menteri Telekomunikasi di Otoritas Palestina yang berbasis di Tepi Barat, mengatakan kepada Reuters bahwa setelah ada ;ampu hijau dari Israel, kedua perusahaan akan meluncurkan layanan tersebut secara bersamaan.

Pada tahun 2015 lalu, Israel dan PA menandatangani sebuah kesepakatan untuk mengizinkan jaringan 3G beroperasi di Tepi Barat, namun pelaksanaannya ditunda oleh Israel, ungkap al-Zuhairi.

COGAT, badan penghubung militer Israel dengan PA, mengatakan dalam sebuah email kepada Reuters bahwa pihaknya telah mengerjakan proyek tersebut selama satu setengah tahun terakhir sesuai dengan laju kemajuan peraturan dan teknologi. Dalam kesepakatan damai sementara, Israel memiliki keputusan akhir dalam mengalokasikan frekuensi radio di Tepi Barat dan Gaza.

3G adalah teknologi ponsel yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan, teks dan akses internet. 2G memungkinkan panggilan dan transmisi data terbatas.

Layanan 3G tidak akan diperluas ke Jalur Gaza pada tahap ini, kata Suleiman al-Zuhairi.

Wataniya Mobile dan Jawwal saat ini hanya menawarkan layanan 2G di Gaza. Masuknya jaringan mobile generasi ketiga tersebut bergantung pada Israel, yang menganggap Hamas, kekuatan bersenjata dominan di Jalur Gaza, sebagai kelompok teroris.

(T.RA/S: Reuters)

leave a reply
Posting terakhir