Netanyahu: Israek akan bayar kompensasi kepada Yordania

Al-Quds, SPNA -  Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu , Sabtu (20/01/2018) menyatakan bahwa pemerintah Israel menyesalkan kematian dua warga Yordania yang .....

BY 4adminEdited Sun,21 Jan 2018,02:19 PM

Al-Quds, SPNA -  Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu , Sabtu (20/01/2018) menyatakan bahwa pemerintah Israel menyesalkan kematian dua warga Yordania yang ditembak petugas keamanan kedubes Israel di Amman. Netanyahu juga berjanji akan membayar kompensasi kepada pemerintah Yordania.

“Saya yakin bahwa baik Israel dan yordania ingin menyudahi hal ini, saya sudah melakukannya, dan saya pikir Yordania juga akan melakukannya. Kami punya kepentingan yang sama yang menghubungkan Yordania dan Israel,  ‘’ terang Netanyahu seperti dilansir Maannews.

Mengenai duta besar Israel berikutnya ke Yordania, Netanyahu berkata: ‘’Saya akan segera memutuskan siapa yang akan menjadi duta besar, dan saya sangat menghargai duta besar sebelumnya yang mewakili Israel  di Yordania. ‘’

 Sementara Kantor Perdana Menteri Israel, mengatakan bahwa kedutaan Israel akan beroperasi di Amman seperti biasanya, sementara pejabat berwenang di Israel akan terus mempelajari kasus pembunuhan dua warga Yordania tahun 2017 lalu.

Kedutaan besar Israel di Amman mengatakan bahwa pemerintah Israel menawarkan kompensasi sebesar 5 juta dolar kepada keluarga korban Jawadah dan Dr. Hamarneh dan keluarga Hakim Zaatar.

Sumber tersebut menambahkan bahwa pemerintah Yordania telah menyerahkan kompensasi tersebut kepada 3 keluarga korban.

Surat kabar Yordania Al-Ghad melaporkan bahwa langkah pemerintah Israel untuk membayar kompensasi adalah jawaban terhadap syarat 3 yang ditetapkan Yordania kepada Israel dalam tragedy pembunuhan di Kedubes Israel tahun lalu.

Sebelumnya pemerintah Yordania menangguhkan kerjasama dengan kedubes Israel hingga mereka melakukan 3 hal. Israel dituntut meminta maaf atas pembuuhan tersebut serta merapkan hukum bagi pelaku yang menembak dua pemuda Palestina Muhammad Jawadah dan Dr. Bashar Hammarineh dan membayar kompensasi kepada keluarga korban. 

(T.RS/S:Maannews)

leave a reply
Posting terakhir