Sidang di Brussel membahas rekonsiliasi di Palestina

Brussel, SPNA - Anggota Komite Pusat Fatah dan Komisaris Hubungan Nasional, Azzam Ahmad beserta Duta Besar Palestina untuk Swiss Ibrahim Kharishah berpartisipasi dalam pertemuan internasional non-formal membahas ...

BY 4adminEdited Sat,03 Feb 2018,10:28 AM

Brussel, SPNA - Anggota Komite Pusat Fatah dan Komisaris Hubungan Nasional, Azzam Ahmad beserta Duta Besar Palestina untuk Swiss Ibrahim Kharishah berpartisipasi dalam pertemuan internasional non-formal membahas isu-isu terkait rekonsiliasi Palestina serta mengaktifkan peran pemerintah Palestina di Jalur Gaza, Jum’at (2/01/2018).

Sidang tersebut juga dihadiri oleh perwakilan Uni Eropa, PBB, Rusia, AS, Mesir dan Norwegia.

Dalam pertemuan tersebut, delegasi Palestina dan Mesir menyampaikan pencapaian langkah-langkah mengakhiri perpecahan di Palestina serta mengembalikan otoritas pemerintah Palestina di Jalur Gaza yang ditandatangi Hamas dan Fatah di Kairo pada 12/10/2017 silam.

Sebagian besar peserta dalam pertemuan tersebut sepakat bahwa masyarakat internasional harus berkontribusi dalam menyediakan kebutuhan finansial yang diperlukan serta langkah-langkah politik guna mengatasi perpecahan di Palestina dan menyelesaikan krisis karyawan, membuka lapangan kerja serta rekonstruksi Jalur Gaza melalui otoritas yang sah.

Seluruh peserta juga sepakat melanjutkan sidang lanjutan dengan pemerintah Palestina minggu depan.

Sebelumnya Fatah dan Hamas telah menandatangani nota kesepahaman di Markas pusat Intelejen Mesir di Cairo. Keduanya sepakat mengakhiri perpecahan yang telah berlangsung selama 10 tahun serta mendukung otoritas pemerintah Palestina di Jalur Gaza.

(T.RS/S:Maannews)

leave a reply