Usai Shalat Jumat, warga gelar demonstrasi di sejumlah wilayah di Palestina

Tepi Barat, SPNA - Ribuan orang di Tepi Barat turun ke jalan usai shalat Jumat, wilayah pendudukan Yerusalem, dan Jalur Gaza,....

BY adminEdited Sat,10 Feb 2018,09:32 AM

Tepi Barat, SPNA - Ribuan orang di Tepi Barat turun ke jalan usai shalat Jumat, wilayah pendudukan Yerusalem, dan Jalur Gaza, mengecam pembunuhan Ahmed Jarar oleh Pasukan Pendudukan Israel (IOF) dan keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Menurut reporter PIC, bentrokan kekerasan meletus setelah IOF menekan pelaksanaan pawai damai.

Di Yerusalem yang diduduki, 45.000 warga Palestina melakukan salat Jumat di Masjid al-Aqsha. Pawai besar diselenggarakan setelah shalat Jumat untuk menentang keputusan Trump.

Di Ramallah, seorang warga Palestina terluka sementara puluhan orang menderita sesak napas akibat gas air mata setelah IOF menyerang sebuah demonstrasi yang memprotes penyitaan tanah di desa al-Mazra'a al-Gharbiyya.

Kantor berita WAFA melaporkan bahwa pasukan Israel melepaskan tembakan kepada orang-orang Palestina yang melakukan demonstrasi di tanah mereka, yang secara ilegal disita oleh Israel untuk pembangunan jalan setapak yang diperuntukan bagi pemukim.

IOF menembak dan melukai seorang pemrotes dan menyebabkan puluhan lainnya menderita sesak napas gas air mata yang berlebihan.

Prajurit juga menyerang dan sempat menahan wartawan dan jurnalis dan mencegah mereka meliput kejadian yang sedang berlangsung.

Cedera serupa dilaporkan juga terjadi dalam bentrokan di kota al-Birah.

Di Nablus, ratusan orang berpartisipasi dalam sebuah demonstrasi besar yang diselenggarakan oleh Gerakan Hamas dalam mengecam pembunuhan Israel terhadap Ahmed Jarar.

Juga di Nablus, seorang pemuda Palestina terluka saat IOF melepaskan tembakan ke sekelompok petani di kota Madama, sebelah selatan kota.

Seorang wartawan ditahan sementara dua pemuda cedera dalam bentrokan yang terjadi di dekat pos pemeriksaan Hawara di selatan kota tersebut.

Di al-Khalil, seorang bocah Palestina ditangkap di dekat Masjid Ibrahimi setelah shalat Jumat.

Sementara itu, bentrokan meletus di lingkungan Bab al-Zawiya di Kota Tua di tengah tembakan gas air mata dan peluru karet.

(T.RA/S: Palestinian Information Center)

leave a reply