Petinggi lobi Yahudi di AS: Israel harus dukung kemerdekaan Palestina

Washington, SPNA - Seorang pemimpin organisasi lobi Yahudi Amerika Serikat (AIPAC) menyerukan agar pemerintah Israel mematuhi solusi dua negara dan mendukung pembentukan negara Palestina.

BY adminEdited Wed,07 Mar 2018,09:53 AM

Washington, SPNA - Seorang pemimpin organisasi lobi Yahudi Amerika Serikat (AIPAC) menyerukan agar pemerintah Israel mematuhi solusi dua negara dan mendukung pembentukan negara Palestina.

Direktur Eksekutif AIPAC, Howard Kohr dalam pidatonya dalam konferensi AIPAC di Washington, Minggu (04/03/2018) mengatakan: ‘’ Kita semua harus bekerja mewujudkan dua negara, satu negara Yahudi dengan perbatasan yang aman dan dapat dipertahankan, dan yang lainnya adalah negara Palestina. Hari ini, mimpi tersebut nampaknya sulit diwujudkan , dan ini sangat tragis. ‘’

Kohr juga menambahkan bahwa Israel tidak dapat hidup aman dan tentram jika tidak mendukung toleransi dengan negara tetangga.

Ia memandang satu-satunya cara menuju perdamaian adalah melalui perundingan langsung antara kedua belah pihak , Palestina dan Israel.

Seruan Kohr terhadap solusi dua negara disampaikan setelah Netanyahu menyatakan kepada Donald Trump bahwa pemerintahannya menentang pembentukan negara Palestina yang merdeka.

Netanyahu tiba di Washington dalam kunjungan selama 5 hari  untuk bertemu dengan Presiden AS Donald Trump serta berpartisipasi dalam konferensi AIPAC.

American Israel Public Affairs Committee,  AIPAC adalah organisasi kelompok lobi Israel di Amerika Serikat. Mereka aktif mempengaruhi kebijakan  Kongres Amerika Serikat dan badan eksekutif pemerintahan dengan tujuan menghasilkan kebijakan yang meningkatkan hubungan dekat antara Amerika Serikat dan Israel.

Organisasi ini dibentuk pada masa pemerintahan Eisenhower, dan sejak saat itu mereka telah banyak membantu meningkatkan bantuan dan dukungan Amerika Serikat kepada Israel.

Mereka juga disebut-sebut salah satu kelompok lobi Israel paling berpengaruh dalam politik Amerika Serikat.

(T.RS/S:RtArabic)

leave a reply