Pemukim Israel menyerang rumah warga Palestina dan berusaha membakar masjid di Hebron

Hebron, SPNA - Sekelompok pemukim Israel menyerang warga Palestina di desa Al-Tiwani yang diduduki Tepi Barat, dan berusaha membakar masjid di desa tersebut, menurut kesaksian penduduk setempat.

BY adminEdited Tue,13 Mar 2018,09:52 AM

Hebron, SPNA - Sekelompok pemukim Israel menyerang warga Palestina di desa Al-Tiwani yang diduduki Tepi Barat, dan berusaha membakar masjid di desa tersebut, menurut kesaksian penduduk setempat.

Warga dari Al-Tiwani, yang terletak di Hebron Selatan, mengatakan kepada Ma'an bahwa sekitar 30 orang pemukim dari pemukiman Maon dan Havat Maon menyerbu desa tersebut di bawah perlindungan tentara Israel.

Pemukim dilaporkan melemparkan batu ke arah Palestina dan rumah mereka, serta berusaha membakar masjid di desa tersebut, namun dihentikan oleh penduduk setempat.

Jumaa Ribai, seorang penduduk Al-Tiwani, mengatakan kepada Ma'an bahwa "kemarin para pemukim memecahkan mobil saya dan melemparkan batu ke rumah saya, dan hari ini mereka memperbarui serangan mereka ke desa dan terhadap penduduk."

Tercatat, sekitar 500.000 sampai 600.000 orang Israel tinggal di permukiman Yahudi di Yerusalem Timur yang diduduki dan Tepi Barat.

Pengawalan yang dilakukan pasukan pendudukan Israel dalam serangan yang kerap dilakukan pemukim Yahudi juga terjadi pada awal bulan ini. Haaretz.melaporkan sebuah Insiden terjadi di dekat desa Palestina Einabus, tidak jauh dari pemukiman Yitzhar di Tepi Barat yang diduduki.

Menurut surat kabar tersebut, "daerah tersebut telah menjadi titik fokus bentrokan antara warga Palestina dan pemukim ilegal, yang telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir."

Haaretz melaporkan konfirmasi dari tentara yang menyatakan bahwa pemukim "melemparkan batu ke sebuah kendaraan yang membuka jalan di daerah tersebut dan menendang petani yang mengendarainya."

Sekitar 20 pemukim Yahudi bertopeng melempar batu sementara beberapa tentara yang berdiri di dekatnya berusaha menjauhkan mereka.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply