Ikuti jejak AS dan Guatemala, Honduras dan Paraguay akan pindahkan kedutaannya ke Al-Quds 

Al-Quds, SPNA - Seorang sumber diplomat senior Israel mengatakan Minggu (11/03/2018) bahwa Paraguay dan Honduras berniat untuk merelokasi kedutaan mereka ke Yerusalem, seperti dilansir Channel 7 Israel.

BY adminEdited Tue,13 Mar 2018,10:00 AM

Al-Quds, SPNA - Seorang sumber diplomat senior Israel mengatakan Minggu (11/03/2018) bahwa Paraguay dan Honduras berniat untuk merelokasi kedutaan mereka ke Yerusalem, seperti dilansir Channel 7 Israel.

Sumber tersebut mengatakan bahwa kedua negara menetapkan syarat bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu harus melakukan kunjungan resmi ke kedua negara tersebut.

“Jika Honduras dan Paraguay memindahkan kedutaan mereka ke Yerusalem, maka mereka akan mengikuti jejak AS dan Guatemala, yang akan merelokasi kedubesnya pada bulan Mei, ’’ tambahnya.

Awal Desember lalu, Presiden AS Donald Trump menetapkan secara resmi bahwa seluruh wilayah Al-Quds adalah ibukota bagi Israel dan akan merelokasi kedubesnya ke kota suci tersebut dimana hal ini membuat hubungan Palestina dan AS tegang.

Langkah AS tersebut ditentang oleh Majelis Umum PBB, Kamis (21/12/2017) yang menetapkan sebuah resolusi menentang keputusan Donald Trump dengan dukungan 128 negara. PBB menyatakan bahwa status Al-Quds harus diselesaikan melalui perundingan langsung antara Palestina dan Israel, sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB terkait.

Honduras adalah satu dari sembilan negara yang memberikan suara menentang resolusi Majelis Umum PBB.

Baru-baru ini, duta Besar AS untuk PBB Nikky Haley mengunjungi Honduras serta menyambut baik keputusan Presiden Honduras Juan Orlando Hernandez yang mendukung keputusan Amerika Serikat untuk memindahkan kedutaannya ke Yerusalem.

Sementara Paraguay memilih abstain dalam pemungutan suara tersebut namun sebelumnya mereka telah menyatakan mendukung Israel.

September lalu, Netanyahu melakukan kunjungan resmi ke Amerika Latin. Saat itu Presiden Paraguay Horacio Cartes datang ke ibukota Argentina, Buenos Aires secara khusus untuk bertemu dengan Netanyahu.

Selain itu, Presiden Ceko Milos Zeman juga menyatakan niatnya  untuk memindahkan kedutaan negaranya ke Al-Quds, seperti dilaporkan media lokal Ceko. Zeman mengatakan berencana untuk mempercepat relokasi kedutaannya namun ditentang oleh Kementerian Luar Negeri.

Akhir Februari lalu Menteri Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan bahwa AS akan meresmikan kedutaan baru di Yerusalem pada bulan Mei  mendatang bersamaan dengan peringatan 70 tahun kemerdekaan Israel, seperti dilansir Reuters.

(T.RS/S:RtArabic)

leave a reply