Israel kerahkan 100 'sniper' di sepanjang perbatasan Gaza

Gaza, SPNA - Militer Israel telah menempatkan lebih dari 100 penembak jitu di perbatasan Gaza, yang diberi izin untuk menembak warga sipil Palestina di sana.

BY adminEdited Sat,31 Mar 2018,11:13 AM

Gaza, SPNA - Militer Israel telah menempatkan lebih dari 100 penembak jitu di perbatasan Gaza, yang diberi izin untuk menembak warga sipil Palestina di sana.

"Kami telah mengerahkan lebih dari 100 penembak jitu yang didatangkan dari semua unit militer, terutama dari pasukan khusus ... Jika berada dalam bahaya, mereka diizinkan untuk melepaskan tembakan," ungkap Letnan Jenderal Gadi Eizenkot, kepala staf militer, Yedioth Ahronoth melaporkan.

Protes tahunan "Hari Tanah" dimulai Jumat (30/03/2018), sebagai simbolis di mana enam warga Arab Israel dibunuh oleh pasukan Israel selama demonstrasi pada tahun 1976 atas penyitaan tanah oleh Israel.

Protes yang akan berlangsung selama enam pekan menuntut hak kembalinya para pengungsi Palestina ke rumah mereka di tempat yang sekarang adalah dicaplok Israel.

Protes ini akan berakhir pada 15 Mei mendatang, yang oleh warga Palestina disebut sebagai hari "Nakba" atau "Bencana", menandai perpindahan ratusan ribu orang Palestina dalam konflik yang mengelilingi pembentukan Israel pada tahun 1948.

Warga Palestina yang merupakan keturunan langsung dari para pengungsi Palestina asli diberikan hak untuk kembali ke rumah leluhur mereka. Israel mengesampingkan hal ini, dengan alasan bahwa kembalinya orang Palestina ke tempat yang sekarang disebut Israel akan melebihi jumlah mayoritas Yahudi.

Protes ini didukung oleh beberapa partai politik Palestina, termasuk Hamas, kata penyelenggara.

Diharapkan bahwa ribuan orang di Jalur Gaza yang terkepung akan berkumpul di tenda di lima lokasi di sisi perbatasan Palestina, jauh dari zona "larangan berpergian". Militer Israel memaksakan zona "tidak pergi" bagi warga Palestina di Gaza yang berbatasan dengan perbatasan berpagar Israel.

Para demonstran Palestina di sisi Gaza di perbatasan telah sering dihadapkan oleh tentara Israel menggunakan gas air mata, peluru karet dan peluru tajam.

(T.RA/S: Palestine Chronicle)

leave a reply
Posting terakhir