Haniyeh minta PBB bentuk tim khusus menyelidiki pembantaian warga Gaza Jum’at lalu

Jalur Gaza,SPNA - Kepala biro politik Hamas Ismail Haniyeh menyerukan pembentukan komite internasional khusus untuk menyelidiki pembunuhan ....

BY 4adminEdited Tue,03 Apr 2018,09:26 AM

Jalur Gaza,SPNA - Kepala biro politik Hamas Ismail Haniyeh menyerukan pembentukan komite internasional khusus untuk menyelidiki pembunuhan warga Palestina oleh tentara Israel dalam demonstrasi di perbatasan Jalur Gaza Jumat lalu.

Hamas di situs resminya mengatakan: ‘’Haniyeh telah melakukan percakapan telepon dengan Sekretaris Jenderal Liga Arab, Ahmed Aboul Gheit, untuk mengadili para pemimpin Israel di Pengadilan Pidana Internasional.”

Hal ini disampaikan setelah AS melakukan veto terhadap keputusan Dewan Keamanan PBB yang mengecam Israel serta mencegah DK PBB mengambil keputusan yang adil untuk korban pembantaian pasukan Israel.

Setiap tanggal 30 Maret warga Palestina memperingati ‘’Great March Of Return’’ untuk mengenang peristiwa pembunuhan 6 warga Palestina dalam aksi protes terhadap pengusiran warga dan pencaplokan wilayah Palestina 30 Maret 1976 silam.

Dalam peringatan Great March of Return Jum’at lalu, puluhan ribu warga Palestina yang tidak bersenjata berkumpul di perbatasan Gaza untuk menerobos perbatasan. Sementara itu sejumlah besar pasukan Israel telah siaga di perbatasan menembaki para demosntran secara membabi buta. Akibatnya 16 warga Palestina gugur sementara  1500 lainnya luka-luka namun korban bertambah menjadi 17 orang setelah seorang warga gugur senin pagi akibat ditembak pasukan Israel.

Dewan Keamanan PBB dilaporkan gagal menyepakati pernyataan  mengutuk pembantaian tersebut akibat penolakan AS.

Sebelumnya Sekjen PBB Antonio Guterres dan Komisaris Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri, Federica Mogherini, Sabtu (31/03/2018) menyerukan lembaga internasional untuk melakukan penyelidikan independen terhadap tindakan kriminal pasukan Israel yang membunuh demonstran Palestina, Jum’at kemarin.

(T.RS/S:RtArabic)

leave a reply
Posting terakhir