AS kembali gagalkan pernyataan Dewan Keamanan mengecam tindakan brutal Israel terhadap demonstran Palestina

Washintton, SPNA -  Pemerintah Amerika Serikat kembali menggagalkan keluarnya pernyataan Dewan Keamanan PBB terkait  penyelidikan terhadap pembantaian warga Palestina oleh pasukan Israel.

BY 4adminEdited Sat,07 Apr 2018,10:36 AM

Washintton, SPNA -  Pemerintah Amerika Serikat kembali menggagalkan keluarnya pernyataan Dewan Keamanan PBB terkait  penyelidikan terhadap pembantaian warga Palestina oleh pasukan Israel.

Sebelumnya Kuwait membagikan draft kepada anggota Dewan Keamanan PBB menuntut Israel agar menghentikan tindakan brutalnya terhadap demonstran Palestina, seperti diterangkan delegasi Kuwait untuk PBB Mansour Utaibi.

Utaibi, Jum’at (06/04/2018) menambahkan: “Draft tersebut telah disetujui 14 negara anggota DK PBB Jum’at lalu, dan hanya AS yang menolaknya. AS bahkan menolak untuk mendiskusikan draft tersebut.’’

Pernyataan pers oleh DK PBB membutuhkan persetujuan bulat dari seluruh anggota DK PBB yang berjumlah 15 negara. Setiap negara anggota memiliki kekuatan untuk mencegah penerbitan pernyataan tersebut jika dinilai tidak pantas.

Sementara itu, Pengamat Palestina untuk PBB Riyad Mansour menyerukan agar organisasi internasional memberikan perlindungan terhadap rakyat Palestina di Gaza, Tepi Barat dan Yerusalem Timur.

Setiap tanggal 30 Maret warga Palestina memperingati ‘’Great March Of Return’’ untuk mengenang peristiwa pembunuhan 6 warga Palestina dalam aksi protes terhadap pengusiran warga dan pencaplokan wilayah Palestina 30 Maret 1976 silam.

Surat kabar Maannews, melaporkan bahwa 8 warga Palestina gugur dan 1391 lainnya luka-luka dalam demonstrasi lanjutan Great March Of Return, Jum’at (06/04/2018).

Dengan demikian total korban yang gugur sejak 30 Maret lalu mencapai 32 orang.

Sebelumnya Sekjen PBB Antonio Guterres dan Komisaris Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri, Federica Mogherini, Sabtu (31/03/2018) menyerukan lembaga internasional untuk melakukan penyelidikan independen terhadap tindakan kriminal pasukan Israel yang membunuh demonstran Palestina.  

 (T.RS/S:RtArabic)

leave a reply
Posting terakhir