AS, Inggris dan Perancis lancarkan serangan roket ke Suriah

Damaskus, SPNA - Amerika, Inggris dan Prancis, dilaporkan melancarkan serangan terhadap Suriah, Sabtu pagi (14/04/2018).

BY adminEdited Sat,14 Apr 2018,10:45 AM

Damaskus, SPNA - Amerika, Inggris dan Prancis, dilaporkan melancarkan serangan terhadap Suriah, Sabtu pagi (14/04/2018).

Channel Suriah melaporkan bahwa pertahanan udara Suriah berhasil menjatuhkan 13 roket  dalam serangan tersebut.

Menteri Pertahanan AS James Mattis dalam konferensi pers menyatakan  bahwa Washington  memutuskan menyerang seluruh fasilitas yang memproduksi bahan kimia di Suriah.

Sebeumnya Presiden AS, Donald Trump mengancam akan menyerang Suriah setelah menuduh rezim Suriah menggunakan  senjata kimia terhadap warga sipil di Duma pekan lalu.

Sementara itu Kementerian Luar Negeri Suriah menolak tuduhan yang dilontarkan AS tersebut. “Tuduhan itu adalah skenario untuk memperlama keberadaan kelompok teroris, ‘’ tambahnya.

Menlu Suriah menyatakan bahwa kelompok bersenjata di Suriah adalah pihak dibalik serangan senjata kimia di Duma. ‘’Kami memiliki informasi yang dapat dipercayai dan sebelumnya pemerintah Suriah sudah memperingatkan hal ini, ‘’ tambahnya.

Duta besar Rusia untuk Washington dalam komentarnya terhadap serangan tersebut mengatakan Amerika Serikat, Prancis, dan Inggris harus bertanggung jawab atas tindakannya.

“Washington tidak punya alasan logis untuk menyerang rezim Suriah, terutama AS adalah negara yang memiliki senjata kimia terbesar.’’

(T.RS/S:Maannews)

leave a reply