Laporan:Hampir separuh rakyat Gaa hidup miskin

Jalur Gaza, SPNA - Biro Statistik Palestina Pusat, melaporkan, Minggu (15/04/2018) bahwa lebih dari separuh penduduk Gaza hidup miskin.

BY adminEdited Mon,16 Apr 2018,10:23 AM

Jalur Gaza, SPNA - Biro Statistik Palestina Pusat, melaporkan, Minggu (15/04/2018) bahwa lebih dari separuh penduduk Gaza hidup miskin.

Laporan yang meneliti pemasukan warga Palestina tersebut mengatakan bahwa kemiskinan di Gaza disebabkan blokade Israel terhadap Jalur Gaza sejak 2007. ‘’Blokade yang diberlakukan Israel menghambat produksi di Gaza serta mengakibatkan kelangkaan pekerjaan di pasar lokal.’’

Menurut laporan tersebut, 29,2% warga Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza hidup dengan pemasukan bulanan sebesar 2470 Syikal atau setara dengan  685 Dolar untuk keluarga yag beranggotakan 5 orang.

Laporan tersebut melanjutkan bahwa tingkat kemiskinan di Gaza yang berpenduduk lebih dari 2 juta jiwa, empat kali lebih tinggi dari Tepi Barat.

Sebelumnya Sekjen PBB Antonio Guterrez dalam sidang Komite HAM Palestina di PBB, Senin (05/02/2018) memperingatkan bahwa Gaza akan menjadi wilayah tak layak huni pada tahun 2020.

 ‘’Situasi kemanusiaan dan ekonomi di Jalur Gaza masih sangat buruk, PBB memperkirakan Gaza akan menjadi wilayah tak layak huni pada tahun 2020 jika tindakan nyata tidak segera diambil untuk memperbaiki layanan dan infrastruktur di wilayah tersebut,’’ terangnya.

‘’Krisis di Gaza disebabkan blokade oleh Israel. Akibatnya sekitar 2 juta warga Gaza tinggal di bangunan-bangunan roboh dengan listrik yang tidak memadai dan kemerosotan ekonomi serta air yang tercemar. ‘’

‘’Blokade yang diberlakukan Israel sejak 13 tahun lalu telah melumpuhkan kehidupan di Gaza. Menurut statistik resmi terbaru, angka kemiskinan di Gaza mencapai sekitar 80%, sementara tingkat pengangguran mencapai 50%.’’

Guterres juga mendesak masyarakat internasional berkontribusi dalam solusi dua negara serta menangani krisis di Palestina sesuai resolusi PBB terkait.

Bulan lalu, Pemerintah AS yang dipimpin Donald Trump membekukan  65 juta Dolar dari  125 juta Dolar anggaran bantuan AS untuk  UNRWA.

Situasi ini membuat keuangan UNRWA yang bertugas membantu pengungsi Palestina terancam.

Disebutkan UNRWA memberikan layanan kemanusiaan sekitar 5,9 juta warga Palestina di Tepi Barat, Jalur Gaza, Yordania, Lebanon dan Suriah.

(T.RS/S:AnadoluAgency)

leave a reply
Posting terakhir
Israel tolak separuh dari rujukan medis pasien dari Gaza

Israel tolak separuh dari rujukan medis pasien dari Gaza

World Health Organization (WHO), Senin (14/08/2017), mengungkapkan bahwa lembaga Israel, Badan Koordinasi dan Penghubung, dalam bulan Mei, telah menolak separuh dari permintaan yang diajukan oleh pasien asal Gaza, untuk memperoleh perawatan medis di rumah sakit di wilayah Palestina yang diduduki.