Hari solidaritas untuk tahanan Palestina.. 6500 tahanan menderita di penjara Israel

Jalur Gaza, SPNA - Hari ini Selasa, 17 April 2018 adalah hari peringatan untuk tahanan Palestina dimana hingga saat ini jumlah warga Palestina yang mendekam di penjara Israel mencapai 6.000 lebih.

BY 4adminEdited Tue,17 Apr 2018,10:15 AM

Jalur Gaza, SPNA - Hari ini Selasa, 17 April 2018 adalah hari peringatan untuk tahanan Palestina dimana hingga saat ini jumlah warga Palestina yang mendekam di penjara Israel mencapai 6.000 lebih.

Lembaga Urusan Tahanan Palestina mengatakan bahwa sejarah penangkapan warga Palestina dimulai sejak tragedi kemanusiaan Palestina tahun 1948 terjadi.

Penangkapan warga telah menjadi bagian penting dalam sistem perpolitikan Israel dan telah menjadi fenomena sehari-hari.

Hingga saat ini jumlah narapidana dan tahanan di penjara-penjara Israel mencapai 6.500 orang, 350 diantaranya adalah anak-anak dibawah umur 21 para ibu, 500 tahanan administrasi dan  1800 pasien,.

Sejak 1967, lebih dari 214 tahanan gugur. 72 diantaranya gugur akibat disiksa oleh penyidik, 60 akibat kurangnya perhatian medis,  dan 75 lainnya di eksekusi di lapangan segera setelah ditangkap.

Menurut fakta dan kesaksian dari para tahanan, sebagian besar dari mereka yang pernah mendekam di penjara mengalami kekerasan baik  fisik atau psikologis.

Dewan Nasional Palestina, sebagai otoritas tertinggi dari PLO dalam sidang pada tahun 1974 menetap tanggal 17 April sebagai hari nasional untuk mengingat para tahanan.

(T.RS/S:Maannews)

leave a reply
Posting terakhir

Dalam Rangka Hari Tahanan, 17 Tahanan Palestina Menderita Lebih 3 Dekade di Penjara Israel

Ia menjelasakan bahwa hal tersebut mengacu pada kesepakatan sebelumnya antara Palestina dan otoritas pendudukan Israel untuk membebaskan tahanan Palestina pada sembilan tahun lalu. Kesepakatan itut menyebutkan tentang pembebasan semua tahanan Palestina yang sudah lama mendekam di penjara dalam empat gelombang. Setelah otoritas pendudukan Israel membebaskan tiga gelombang, mereka menghentikan pembebasan gelombang keempat setelah negosiasi tersendat.