Tokoh HAM PBB kecam pembunuhan demonstran Palestina di Jalur Gaza

Jenewa, SPNA - Duta Besar Palestina untuk PBB di Jenewa,Selasa (17/04/2018) mengatakan bahwa sejumlah pejabat senior lembaga HAM PBB ....

BY 4adminEdited Wed,18 Apr 2018,10:13 AM

Jenewa, SPNA - Duta Besar Palestina untuk PBB di Jenewa,Selasa (17/04/2018) mengatakan bahwa sejumlah pejabat senior lembaga HAM PBB mengecam penggunaan tindak kekerasan dan senjata api terhadap demonstran Palestina dalam peringatan Great March of Return dekat pagar pembatas  antara Gaza dan Israel.

PBB dan lembaga HAM serta serta DK PBB, menyatakan keprihatinan mendalam atas kekerasan yang berlaku di Palestina serta menyerukan Israel agar menghentikan tindakan brutal mereka.

Mereka juga  menegaskan bahwa Israel sebagai entitas yang menduduki wilayah Palestina harus melindungi hak asasi manusia dan hukum kemanusiaan internasional.

‘’Israel hanya dapat mengambil tindakan ekseskusi ketika dihadapkan dengan kondisi yang membahayakan nyawa prajurit.  Namun Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa adanya situas tersebut selama demonstrasi terjadi. ‘’ kata mereka.

Mengacu pernyataan Jaksa Pengadilan Kriminal Internasional, Fatou Bensouda, mereka mengatakan  bahwa penggunaan senjata mematikan terhadap demonstran adalah tindakan kriminal yang melanggar Hukum Roma.

Mereka juga menyerukan rakyat internasional, melalui PBB, untuk membentuk sebuah komisi independen menyelidiki kasus pembunuhan demonstran tersebut.

Sejak 30 Maret lalu, 33 warga Palestina dilaporkan gugur dan lebih 3000 lainnya luka-luka dalam peringatan Great March Of Return di perbatasan Gaza dan Tepi Barat.

Jaksa Penuntut Umum Pengadilan Pidana Internasional Fatou Bensouda, Minggu (08/04/2018) mengatakan pihaknya akan melakukan penyelidikan awal terhadap pembunuhan demosntran yang dilakukan Israel Israel.

Setiap tanggal 30 Maret warga Palestina memperingati ‘’Great March Of Return’’ untuk mengenang peristiwa pembunuhan 6 warga Palestina dalam aksi protes terhadap pengusiran warga dan pencaplokan wilayah Palestina 30 Maret 1976 silam.

(T/RS/S:Maannews)

leave a reply
Posting terakhir