Senator AS kepada Putra Mahkota Saudi: Berhentilah bicara tentang kemiskinan di Jalur Gaza

Senator Amerika Serikat dan mantan kandidat presiden dari partai Demokrat Bernie Sanders melontarkan kritik kepada Putra Mahkota Arab Saudi Muhammed Bin Salman karena tidak berbuat cukup untuk membantu orang-orang di Jalur Gaza.

BY adminEdited Fri,20 Apr 2018,10:45 AM

MEMO - Washington

Washington, SPNA - Senator Amerika Serikat dan mantan kandidat presiden dari partai Demokrat Bernie Sanders melontarkan kritik kepada Putra Mahkota Arab Saudi Muhammed Bin Salman karena tidak berbuat cukup untuk membantu orang-orang di Jalur Gaza.

“Belum lam ini Purta Mahkota Saudi membeli kapal pesiar seharga setengah miliar dolar karena ia pikir kapal tersebut bagus. Saya yakin bahwa istananya, yang paling mahal di dunia dan mencapai $300 juta tersebut, juga bagus,” ungkap Sanders dalam konferensi tahunan kelompok Yahudi pro perdamaian, J- Street.

“Berhentilah berbicara tentang kemiskinan dan berbagai tragedi di Jalur Gaza dan lakukanlah sesuatu untuk menuntaskannya,” lanjutnya. Sanders mengatakan bahwa Arab Saudi telah memberikan $50 juta kepada UNRWA, yang mana angka tersebut hanyalah sepuluh persen dari harga dibayarkan sang Putra Mahkota untuk  membeli kapal pesiar.

Raja Arab Saudi, Salman Bin Abdulaziz mengumumkan dalam KTT Liga Arab pada hari Minggu (15/04/2018) lalu bahwa ia telah menyumbangkan $150 juta untuk mendukung Waqaf Islam di Yerusalem dan $50 juta lainnya untuk Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA).

Sementara pada pekan lalu, Biro Pusat Statistik Palestina mengumumlkan bahwa lebih dari separuh warga Gaza, atau 53 pesen, hidup dalam kemiskinan.

Lembaga PBB memperingatkan bahwa Jalur Gaza akan menjadi wilayah tak layak huni pada 2020 karena kurangnya sumber air bersih. PBB mengatakan bahwa tahun lalu 80 persen populasi Gaza menerima mantuan kemanusiaan.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir