Untuk pertama kali, Tanzania akan buka kedubesnya di Israel

Ramallah, SPNA - Pemerintah Tanzania mengumumkan akan membuka kedutaannya untuk pertama kali di Tel Aviv, seperti dilaporkan surat kabar Israel Today, Selasa (02/04/2018).

BY 4adminEdited Wed,02 May 2018,09:21 AM

Ramallah, SPNA - Pemerintah Tanzania mengumumkan akan membuka kedutaannya untuk pertama kali di Tel Aviv, seperti dilaporkan surat kabar Israel Today, Selasa (02/04/2018).

Surat kabar tersebut juga menambahkan bahwa dalam bulan Mei mendatang,  Amerika Serikat dan Guatemala akan merelokasi kedutaan mereka ke Yerusalem, pada saat yang sama Tanzania juga akan membuka kedubesnya di  di Tel Aviv, 8 Mei mendatang dimana Menteri Luar Negeri Tanzania akan menghadiri acara pembukaan.

Pembukaan kedutaan tersebut adalah hasil kunjungan Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu ke Afrika tahun lalu, yang memperkuat hubungan Tazania dan Israel.

Awal Desember lalu, Presiden AS Donald Trump menetapkan secara resmi bahwa seluruh wilayah Al-Quds ibukota bagi Israel dan akan merelokasi kedubesnya ke kota suci tersebut dimana hal ini membuat hubungan Palestina dan AS tegang serta memancing kemarahan umat Islam di seluruh dunia.

Langkah AS tersebut juga ditentang oleh Majelis Umum PBB yang menetapkan sebuah resolusi dengan dukungan 128 negara. PBB menyatakan bahwa status Al-Quds harus diselesaikan melalui perundingan langsung antara Palestina dan Israel, sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB terkait.

Pertengahan Januari lalu,  Dewan Pusat Palestina mengumumkan, bahwa Palestina  akan menangguhkan pengakuan terhadap kedaulatan Israel sampai Israel mengakui kedaulatan Palestina di perbatasan 1967 serta menghentikan  pendudukan terhadap Yerusalem Timur dan permukiman ilegal.

Abbas juga menolak menjadikan AS mediasi perundingan damai dengan Israel, serta menuduh Israel telah melanggar perjanjian perdamian Oslo tahun 1993, Akibatnya AS mengancam memutuskan bantuan kemanusiaan kepada Palestina selama Palestina.

 (T.RS/S:Qudsnews)

leave a reply
Posting terakhir