Tidak punya harapan menang, Israel mundur dari pemilihan kursi Dewan Keamanan PBB

New York, SPNA - Sejumlah surat kabar, Jum’at (04/05/2018) melaporkan bahwa Israel menarik diri dari persaingan kursi keanggotan Dewan Keamanan PBB.

BY 4adminEdited Sat,05 May 2018,09:58 AM

New York, SPNA - Sejumlah surat kabar, Jum’at (04/05/2018) melaporkan bahwa Israel menarik diri dari persaingan kursi keanggotan Dewan Keamanan PBB.

Hal ini terjadi dikarenakan sejumlah negara Arab menggagalkan usaha Israel untuk memperoleh kursi tersebut dimana mayoritas Negara Eropa menolak pencalonan Israel menjadi anggota DK PBB, seperti dilansir Youm Al-Sabi’.

Seorang anggota DK PBB kepada Reuters mengatakan bahwa Israel mundur dari persaingan dengan Jerman dan Belgia untuk dua kursi di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, tahun 2019-2020 karena memiliki peluang menang yang kecil.

Majelis Umum PBB yang beranggotakan 193 negara akan melakukan voting  bulan depan untuk memilih lima anggota baru  masa jabatan dua tahun yang dimulai 1 Januari 2019.

Israel disebutkan bersaing dengan Jerman dan Belgia untuk dua kursi wilayah Eropa Barat dan kelompok regional lainnya

Dewan Keamanan PBB adalah salah satu dari enam badan utama PBB. Yang ditugaskan menjaga perdamaian dan keamanan internasional

Setiap tahun Majelis Umum PBB memilih lima anggota tidak tetap (dari 10 kursi ) untuk jangka waktu dua tahun.

10 kursi non-permanen didistribusikan secara regional sebagai berikut: lima untuk negara di Afrika dan Asia, satu untuk negara di Eropa Timur, dua untuk Amerika Latin dan Karibia, dan dua untuk negara-negara Eropa dan lainnya.

(T.RS/S: Youm Al-Sabi’)

leave a reply
Posting terakhir