Setelah berhenti selama 8 tahun, kedubes Israel akan kembali gelar HUT kemerdekaan Israel di Cairo

Cairo, SPNA - Surat Kabar Russian Today, Minggu (06/05/201) melaporkan bahwa Kedutaan Besar Israel di Cairo sedang mempersiapkan perayaan Kemerdekaan Israel Israel ke-70 ....

BY 4adminEdited Mon,07 May 2018,10:24 AM

Cairo, SPNA - Surat Kabar Russian Today, Minggu (06/05/201) melaporkan bahwa Kedutaan Besar Israel di Cairo sedang mempersiapkan perayaan Kemerdekaan Israel Israel ke-70 yang akan berlangsung Selasa mendatang  setelah sempat berhenti selama 8 tahun.

Rt Arabic menambahkan bahwa pihak kedubes Israel mengundang ratusan pejabat dan tokoh Mesir, termasuk sejumlah menteri, anggota parlemen, duta besar, pengusaha, tokoh budaya dan jurnalis, untuk menghadiri HUT Israel di yang akan diselenggarakan di Hotel Ritz Carlton di jantung kota Cairo.

Sumber-sumber Israel mengatakan bahwa pemerintah Mesir berusaha meyakinkan kedutaan Israel untuk membatalkan acara tersebut karena faktor keamanan,  namun Kementerian Luar Negeri Israel tidak menanggapi tuntutan Mesir.

HUT kemerdekaan Israel tahun ini adalah yang pertama kalinya setelah  sempat terhenti sejak 8 tahun lalu pasca penyerbuan demonstran Mesir ke gedung kedubes Israel.

Surat kabar Israel, Yediot Ahronot mengatakan sejak revolusi 25 Januari yang menggulingkan mantan Presiden Mesir  Husni Mubarak, diplomat Israel mengurangi kegiatan mereka di Mesir. Gedung Kedubes Israel di Cairo juga sempat ditutup dan sebagian besar diplomat Israel dipulangkan.  Pengangkatan kedubes Israel terakhir, baru dilakukan sejak 2 tahun lalu yaitu, David Govrin.

Sejak pembukaan kedutaan Israel di Cairo pasca perjanjian damai yang ditandatangani oleh Mesir dan Israel pada 1979, para diplomat Israel menghadapi kesulitan dalam melaksanakan tugas mereka.

(T.RS/S:RtArabic)

leave a reply
Posting terakhir