Palestina pulangkan dubesnya dari 4 negara Eropa yang mendukung Amerika Serikat

Ramallah, SPNA - Pemerintah Palestina memanggil duta besarnya di 4 negara Eropa sebagai tanggapan atas sikap negara-negara tersebut yang mendukung peresmian kedubes AS di Yerusalem.

BY adminEdited Thu,17 May 2018,10:26 AM

Ramallah, SPNA - Pemerintah Palestina memanggil duta besarnya di 4 negara Eropa sebagai tanggapan atas sikap negara-negara tersebut yang mendukung peresmian kedubes AS di Yerusalem.

Rt Arabic, Rabu (16/05/2018) melaporkan bahwa sejumlah sumber Kementerian Luar Negeri mengatakan bahwa Menlu Palestina telah memanggil duta besarnya di Republik Ceko, Rumania, Austria dan Hongaria dalam rangka berkonsultasi untuk mengambil langkah yang tepat merespon sikap negara-negara pendukung AS dan Israel tersebut.

Mereka menekankan bahwa Kementerian Luar Negeri tidak terima jika Palestina dijadikan sebagai alat tawar menawar demi kepentingan negara-negara tersebut.

Awal Desember lalu, Presiden AS Donald Trump menetapkan secara resmi bahwa seluruh wilayah Al-Quds ibukota bagi Israel dan telah meresmikan kedubes AS di Al-Quds, Senin (15/05/2018).

Langkah AS tersebut  ditentang oleh Majelis Umum PBB yang menetapkan sebuah resolusi dengan dukungan 128 negara. PBB menyatakan bahwa status Al-Quds harus diselesaikan melalui perundingan langsung antara Palestina dan Israel, sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB terkait.

Senin lalu (14/05/2018) Amerika Serikat meresmikan kedutaannya di Yerusalem, Presiden AS Donald Trump melalui teleconference menegaskan bahwa Yerusalem adalah ibu kota Israel.

Trump melalui pesannya kepada undangan menegaskan bahwa Israel adalah negara merdeka dan memiliki hak seperti negara lain di dunia untuk menentukan ibukotanya sendiir dan Yerusalem adalah ibukota Israel.  Trump juga menekankan bahwa Washington berkomitmen penuh pada perjanjian damai.

Sementara itu di Jalur Gaza, puluhan ribu warga Gaza menggelar demonstrasi menentang relokasi Kedubes AS dimana 62 orang dilaporkan gugur, dan 3188 lainnya luka-luka.

 (T.RS/S:RtArabic)

leave a reply
Posting terakhir