Ikuti jejak AS dan Guatemala, Paraguay akan resmikan kedubesnya di Yerusalem

Yerusalem, SPNA - Juru bicara Kementerian Luar Negeri, Israel, Emmanuel Nahshon, Sabtu (19/05/2018)  menerangkan bahwa Paraguay akan meresmikan kedutaannya ..

BY 4adminEdited Sun,20 May 2018,10:25 AM

Yerusalem, SPNA - Juru bicara Kementerian Luar Negeri, Israel, Emmanuel Nahshon, Sabtu (19/05/2018)  menerangkan bahwa Paraguay akan meresmikan kedutaannya di kota Yerusalem Senin mendatang.

“Presiden Paraguay, Horacio Cartes, akan tiba di Israel Minggu malam, (20/05/2018)  dalam rangka meresmikan kedutaan Paraguay di Yerusalem yang dijadwalkan sehari setelahnya. ,” kata Nahshon melalui akun Twitternya.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Paraguay Eladio Luis Ago, dalam wawancara dengan Radio lokal, Jumat lalu  mengatakan: ‘’Paraguay telah mengambil keputusan untuk merelokasi Kedubesnya ke Yerusalem namun keputusan ini tidak mempengaruhi sikap negara lain’’.

Dengan demikian, Paraguay adalah negara Amerika Latin kedua setelah Guatemala yang  memindahkan kedutaan besarnya ke Yerusalem.

Awal Desember lalu, Presiden AS Donald Trump menetapkan secara resmi bahwa seluruh wilayah Al-Quds ibukota bagi Israel dan telah meresmikan kedubes AS di Al-Quds, Senin (15/05/2018).

Hal ini membuat hubungan Palestina dan AS tegang serta memancing kemarahan umat Islam di seluruh dunia.

Langkah AS tersebut  juga ditentang oleh Majelis Umum PBB yang menetapkan sebuah resolusi dengan dukungan 128 negara. PBB menyatakan bahwa status Al-Quds harus diselesaikan melalui perundingan langsung antara Palestina dan Israel, sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB terkait.

Senin lalu (14/05/2018) Amerika Serikat meresmikan kedutaannya di Yerusalem, Presiden AS Donald Trump melalui teleconference menegaskan bahwa Yerusalem adalah ibu kota Israel.

Dewan Hak Asasi Manusia PBB, Jum’at (18/05/2018) menetapkan resolusi yang disetujui 29 anggotanya untuk membentuk Lembaga Pencari Fakta yang bersifat independen untuk meneliti peristiwa berdarah di Jalur Gaza serta menyelidiki pelanggaran yang dilakukan Israel terhadap demonstran.

(T.RS/S:Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir