Mantan komandan IDF serukan perdamaian dengan Hamas

Tepi Barat, SPNA - Mantan komandan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) meminta pemerintah untuk mencapai kesepakatan dengan Hamas guna menghentikan demonstrasi di dekat perbatasan di Jalur Gaza, Quds Press melaporkan.....

BY 4adminEdited Mon,21 May 2018,11:29 AM

Tepi Barat, SPNA - Mantan komandan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) meminta pemerintah untuk mencapai kesepakatan dengan Hamas guna menghentikan demonstrasi di dekat perbatasan di Jalur Gaza, Quds Press melaporkan. Mayjen Doron Almog mengatakan bahwa dia memandang demonstrasi tersebut sebagai tantangan keamanan bagi Tel Aviv.

Dalam sebuah pernyataan kepada Radio Tentara Israel, Almog memperingatkan kemungkinan eskalasi di Jalur Gaza dan sekitarnya, yang dapat menyebabkan konflik yang lebih luas, seperti menembakkan rudal oleh kelompok yang tidak dikendalikan oleh Hamas. Konflik seperti itu, jelasnya, bisa meluas ke Tepi Barat dan dari situ menuju eskalasi di Lebanon dan Suriah.

"Kepemimpinan politik di Tel Aviv dapat (mengandung eskalasi ini)," kata mantan komandan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) tersebut, "melalui perjanjian lima atau sepuluh tahun (dengan Hamas), yang dimediasi oleh Mesir, Otoritas Palestina atau pemerintah AS."

Adalah keyakinan Almog bahwa Hamas telah berhasil memenuhi banyak tujuan melalui demonstrasi Great March of Return di sepanjang perbatasan nominal. Protes tersebut telah diadakan hari sejak 30 Maret yang menuntut hak sah warga Palestina untuk kembali ke tanah mereka yang diduduki oleh Israel sejak 1948 dan 1967. Demonstran juga menyerukan penghentian pengepungan Israel atas Jalur Gaza.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir