Israel tekan AS mungkin untuk akui kekuasaan Israel atas  Dataran Tinggi Golan

Yerusalem, SPNA - Israel menekan pemerintah Trump untuk mengakui kedaulatannya atas Dataran Tinggi (DT) Golan yang diduduki, seorang menteri kabinet Israel mengatakan pada hari ....

BY 4adminEdited Thu,24 May 2018,10:52 AM

Yerusalem, SPNA - Israel menekan pemerintah Trump untuk mengakui kedaulatannya atas Dataran Tinggi (DT) Golan yang diduduki, seorang menteri kabinet Israel mengatakan pada hari Rabu (23/05/2018), memprediksi persetujuan AS bisa datang dalam beberapa bulan ke depan.

Diwawancarai oleh Reuters, Menteri Intelijen Israel Katz mendeskripsikan dukungan 51 tahun Israel terhadap DT Golan sebagai proposal yang sekarang "memuncaki agenda" dalam pembicaraan diplomatik bilateral dengan Amerika Serikat.

Langkah semacam itu akan dilihat sebagai tindak lanjut dari keluarnya AS dari kesepakatan nuklir internasional dengan Iran, dan pengakuan Presiden Donald Trump terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel serta pembukaan kedutaan AS baru di sana bulan ini.

Langkah Trump dipuji oleh Israel dan menyebabkan keprihatinan mendalam di antara sekutu utama Washington di Eropa.

"Kami bertemu dengan Israel dalam berbagai masalah," kata seorang pejabat Gedung Putih, tetapi menolak untuk mengkonfirmasi salah satu rincian yang diberikan oleh Katz tentang DT Golan.

Dataran Tinggi Golan membentuk dataran tinggi strategis antara Israel dan Suriah sekitar 1.200 kilometer persegi (460 mil persegi).

Dataran Tinggi tersebut adalah bagian dari Suriah sampai Israel merebutnya dalam perang Timur Tengah 1967. Hal ini akhirnya memindahkan pemukim Israel ke wilayah yang didudukinya, dan mencaplok wilayah itu pada tahun 1981 dalam sebuah langkah yang tidak diakui secara internasional.

Setelah bersedia mempertimbangkan mengembalikan Golan untuk perdamaian dengan Suriah, Israel dalam beberapa tahun terakhir berpendapat bahwa perang saudara di Suriah dan kehadiran pasukan Iran yang mendukung Damaskus menunjukkan bahwa mereka perlu mempertahankan dataran tinggi strategis tersebut.

Katz, anggota kabinet keamanan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, mengajukan proposal Golan sebagai perpanjangan potensial dari taktik konfrontasi pemerintahan Trump terhadap ekspansi regional yang dirasakan dan agresi oleh Iran, musuh bebuyutan Israel.

“Ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan gerakan seperti itu. Tanggapan paling menyakitkan yang bisa Anda berikan kepada orang Iran adalah mengakui kedaulatan Golan bagian dari Israel - dengan pernyataan Amerika, proklamasi kepresidenan, yang diabadikan (dalam hukum), ”katanya.

Ditanya tentang komentar Katz, seorang pejabat Kedutaan AS di Israel mengatakan, "Kami tidak berperan sebagai pengambil kebijakan umum yang membahas komunikasi diplomatik kami."

(T.RA/S: Reuters)

leave a reply
Posting terakhir

Amerika agendakan pengakuan dataran tinggi Golan untuk Israel

Senat Amerika minggu ini sedang mendiskusikan rencana pengakuan Amerika Serikat terhadap Dataran Tinggi Golan sebagai bagian dari negara Israel. Pengakuan tersebut merupakan permintaan Netanyahu sebagai ganti rugi atas penarikan pasukan Amerika dari Suriah.