Topan Mekunu sapu pantai selatan Semenanjung Arab dan pulau Socotra, 40 warga dilaporkan hilang

Salalah, SPNA -  6 warga gugur dan 40 lainnya hilang dalam peristiwa topan Mekunu yang melanda Semenanjung Arab bagian selatan.

BY adminEdited Sat,26 May 2018,10:44 AM

Salalah, SPNA -  6 warga gugur dan 40 lainnya hilang dalam peristiwa topan Mekunu yang melanda Semenanjung Arab bagian selatan.

Pemerintah Oman melaporkan bahwa seorang remaja berusa 12 tahun tertabrak dinding dan wafat akibat diterjang angin kencang.

Badan-badan pertahanan sipil Yaman juga melaporkan bahwa 10.000 warga telah dievakuasi dari sekolah-sekolah dan gedung-gedung pemerintah, terutama di kota Salalah, yang memiliki populasi 200.000 jiwa.

Badan Meteorologi Oman mengatakan di Twitter bahwa pemantauan terakhir menunjukkan bahwa iklim tropis di Laut Arab berubah menjadi angin topan kelas dua.

Otoritas Oman telah meminta penduduk setempat untuk tinggal di rumah dan tidak keluar rumah kecuali diperlukan.

Sementara itu di Pulau Socotra, 5 warga dilaporkan gugur dan 40 lainnya hilang akibat badai Mekunu yang menyapu selatan Semenanjung Arab.

Sejumlah desa Socotra juga tergenang air akibat badai dimana hal ini membuat sebagian besar penduduk kehilangan transportasi.

Pihak berwenang Yaman telah menyatakan bahwa pulau Socotra dalam keadaan daruat.

Sebelumnya Otoritas Umum Penerbangan Sipil Oman juga memutuskan menutup bandara Salalah selama 24 jam dan dapat diperpanjang sesuai dengan perkembangan situasi.

(T.RS/S:RtArabic)

leave a reply