Israel larang masuknya wisatawan dari Indonesia

Tel Aviv, SPNA - Israel telah berlakukan larangan atas masuknya wisatawan asal Indonesia ke wilayah tersebut, sebagai tanggapan terhadap Jakarta yang telah menangguhkan visa ...

BY 4adminEdited Thu,31 May 2018,11:29 AM

Tel Aviv, SPNA - Israel telah berlakukan larangan atas masuknya wisatawan asal Indonesia ke wilayah tersebut, sebagai tanggapan terhadap Jakarta yang telah menangguhkan visa bagi warga Israel menyusul terjadinya pembantaian di perbatasan Gaza pekan lalu.

Indonesia mengecam keras tindakan brutal Israel terhadap warga Palestina selama berlangsungnya protes di perbatasan Gaza baru-baru ini, yang menandai 70 tahun tragedi Nakba, peristiwa pengusiran sekitar satu juta warga Palestina dari tanah kelahiran mereka, yang membuka jalan bagi tebentuknya ‘negara’ Israel.

Sebelumnya, juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel, Emmanuel Nahshon, mengatakan bahwa Israel berusaha agar Indonesia mengubah keputusannya, namun uapaya tersebut gagal, sehingga mendorong terjadinya larangan tersebut.

Meski tidak menjalin hubungan diplomatik, namun Indonesia-Israel menjalain hubungan ekonomi yang memungkinkan warga Israel mengunjungi negara Asia dengan menggunakan visa sementara atau bisnis. Awal bulan ini, muncul laporan bahwa Indonesia sedang mempertimbangkan untuk mengeluarkan visa turis kepada warga Israel, sebelum penangguhan sepenuhnya.

Setiap tahunnya, puluhan ribu muslim termasuk Indonesia, memasuki wilayah Israel untuk mengunjungi Masjid Al-Aqsha dengan menggunakan visa khusus.

Pada tahun 2015, Kementerian Ekonomi Israel melaporkan peningkatan perdagangan yang signifikan antara kedua negara, yang mencapai $ 500 setiap tahun. Ekspor utama Indonesia ke Israel termasuk bahan mentah seperti plastik, kayu, batu bara, tekstil dan minyak sawit.

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu sebelumnya telah menyeru Indonesia untuk membangun hubungan formal, dan Kementerian Luar Negeri mengungkapkan pada tahun 2016 para pejabat Israel telah melakukan pertemuan rahasia “sebagi upaya untuk meningkatkan hubungan antara kedua nagara.”

Masyarakat Indonesia sangat mendukung perjuangan Palestina dan melakukan protes atas keputusan Presiden AS Donald Trump untuk memeindahkan kedutaan Amerika ke Yerusalem. (T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir

MASYARAKAT INDONESIA BUKA PASAR SEMBAKO INDONESIA GRATIS DI PALESTINA, Bantuan dari Rakyat Indonesia untuk warga Gaza

 Pertama pasar sembako gratis digelar oleh masyarakat Indonesia Palestina tepatnya dikota Gaza, ratusan warga Gaza banjiri pasar sembako amanah dari rakyat Indonesia, mereka bebas memilih kebutuhan dan keperluan makanan sehari-hari seperti beras, minyak goreng, gula, garam, kurma, makarona dengan total 16 item jenis makanan, insya Allah pada Ramadhan 2019 ini kita gelar dengan program sama yaitu PASAR SEMBAKO INDONESIA GRATIS dan PASAR SAYUR DAN BUAH GRATIS, ungkap Abdillah Onim-Humanitarian activist and diplomacy Indonesia di Gaza.