Setelah berhasil pindahkan kedutaan AS, Trump mempertimbangkan perubahan konsulat Yerusalem

Yerusalem, SPNA - Para pejabat AS mengatakan, Presiden Donald Trump sedang mempertimbangkan untuk memberikan Duta Besar AS untuk Israel David Friedman otoritas ....

BY adminEdited Mon,04 Jun 2018,11:07 AM

Yerusalem, SPNA - Para pejabat AS mengatakan, Presiden Donald Trump sedang mempertimbangkan untuk memberikan Duta Besar AS untuk Israel David Friedman otoritas lebih atas pos AS yang menangani urusan Palestina.

Langkah tersebut diambil setelah Trump, pada awal bulan lalu, memindahkan kedutaan dari Tel Aviv ke Yerusalem, yang berjarak kurang dari satu mil dari konsulat yang telah lama.

Perubahan  tersebut akan semakin meredam harapan Palestina atas sebuah negara merdeka. Memberikan otonomi yang lebih pada konsulat bisa membawa pada persepsi bahwa AS akan mengakui kedaulatan penuh Israel atas wilayah yang diklaim oleh Palestina untuk menjadi negara masa depan.

Tidak jelas apa dan kapan sebenarnya perubahan yang dilakukan Trump tersebut akan terwujud. Namun para pejabat mengatakan, Friedman menginginkan kedutaan di Yerusalem untuk memasukkan konsulat. Kemungkinan lain termasuk membiarkan konsulat mempertahankan beberapa otoritas sehari-hari sementara kedutaan akan mengatur keputusan kebijakan.

(T.RA/S: Ynet)

leave a reply