Akibat tekanan dunia Internasional, Argentina batalkan pertandingan persahabatan dengan Israel

Al-Quds, SPNA - Surat kabar Argentina, Rabu (06/06/2018) melaporkan bahwa pertandingan persahabatan antara Argentina dan Israel yang dijadwalkan 9 Juni mendatang dibatalkan akibat tekanan dari dunia Internasional.

BY adminEdited Wed,06 Jun 2018,11:25 AM

Al-Quds, SPNA - Surat kabar Argentina, Rabu (06/06/2018) melaporkan bahwa pertandingan persahabatan antara Argentina dan Israel yang dijadwalkan 9 Juni mendatang dibatalkan akibat tekanan dari dunia Internasional.

Pembatalan tersebut sempat membuat berang sejumlah pejabat Israel. Mereka juga meminta Perdana Menteri Netanyahu untuk berbicara dengan presiden Argentina agar melanjutkan pertandingan tersebut.

Pembatalan laga Israel - Argentina sempat membuat marah warga Arab dan umat Islam serta para pendukung Palestina termasuk sejumlah lembaga di Barcelona.  

Pertandingan persahabatan tersebut sebelumnya akan digelar di Stadion Teddy di kota Yerusalem, 9 Juni  mendatang.

Organisasi Boikot Israel Internasional, BDS juga menyerukan Argentina dan bintang Barcelona Lionel Messi agar membatalkan pertandingan tersebut. Hal ini dikarenakan pihak Israel akan menggunakan laga tersebut sebagai propaganda untuk mengambil alih Al-Quds.

Federasi Sepakbola Palestina dan BDS dalam pernyataannya berterima kasih kepada pihak-pihak yang bepartisipasi menggagalkan pertandingan yang digunakan untuk kepentingan politik tersebut.

Sebelumnya Federasi Sepak Bola Palestina sempat mengadakan aksi protes di depan Gedung Perwakilan Argentina di Ramallah atas pertandingan persahabatan antara Argentina dan Israel yang akan digelar di Yerusalem 9 Juni mendatang.

Ramallah News, Minggu (03/06/2018) melaporkan bahwa Kepala Asosiasi Sepak Bola Palestina, Jibril Rajoub bertemu dengan Dubes  Argentina Eduardo Lionel.

Dalam pertemuan tersebut Rajoub  mengungkapkan penolakannya terhadap pertandingan persahabat Israel dan Argentina di Yerusalem dan telah melayangkan surat protes kepada FIFA terkait hal ini. ‘’Federasi Sepakbola Palestina terpaksa mengambil langkah-langkah keras menolak pertandingan tersebut,’’ tambahnya.

Ia menegaskan bahwa pihaknya akan membakar foto-foto Lionel Messi jika ikut berpartisipasi dalam pertandingan tersebut.

Sementara itu, Eduardo Lionel menekankan bahwa Persatuan Sepakbola Argentina adalah organisasi non-pemerintah.

Ia menambahkan bahwa para pemain Argentina akan menolak berjabat tangan dengan pejabat politik Israel karena instruksi dari pemerintah. ‘’Sikap Argentina sudah jelas, khususnya yang berkaitan dengan Yerusalem, ‘’ tegasnya.

Sementara itu Liga Arab juga menyatakan penolakan keras terhadap  partisipasi Argentina dalam pertandingan persahabatan dengan Israel di Al-Quds, dengan Israel 9  Juni mendatang.

 (T.RS/S:Maannews)

leave a reply
Posting terakhir