Warga Palestina sambut baik pembatalan pertandingan Argentina-Israel

Ramallah, SPNA - Warga Palestina menyambut baik keputusan yang dibuat oleh tim nasional sepak bola Argentina untuk menarik diri dari pertandingan pemanasan Piala Dunia dengan Israel yang akan berlangsung ...

BY adminEdited Thu,07 Jun 2018,11:19 AM

Ramallah, SPNA - Warga Palestina menyambut baik keputusan yang dibuat oleh tim nasional sepak bola Argentina untuk menarik diri dari pertandingan pemanasan Piala Dunia dengan Israel yang akan berlangsung di Yerusalem pada hari Sabtu mendatang.

Warga Israel berencana mengubah pertandingan menjadi suatu kesempatan untuk merayakan hari jadi negara mereka.

Menanggapi keputusan pembatalan pertandingan, Wakil Presiden Asosiasi Sepak Bola Argentina Hugo Moyano mengatakan kepada Radio 10, "Saya pikir itu hal yang baik."

Superstar Barcelona, Lionel Messi mengatakan dia tidak ingin terlibat dalam konflik politik, dan menambahkan bahwa dia tidak akan bermain dalam sebuah pertandingan pada saat banyak orang Palestina menderita.

Striker Juventus Gonzalo Higuain juga menyampaikan kepada ESPN bahwa Argentina telah "melakukan hal yang benar" dengan menarik diri dari permainan.

Setelah pengumuman pada hari Rabu (06/06/2018), Presiden Asosiasi Sepak Bola Palestina Jibril Rajoub berterima kasih kepada Messi dan para pemain Argentina lainnya atas keputusan mereka.

Dia menyebutnya sebagai kemenangan "etika dan nilai-nilai" olahraga. "Mereka mencoba menggunakan olahraga sebagai alat untuk tujuan politik, dan untuk ini saya pikir, mereka gagal," kata Rajoub.

Palestina menuduh Israel memainkan politik dengan permainan, dengan memindahkannya dari lokasi aslinya di Haifa ke Yerusalem, dan mencoba menghubungkannya dengan perayaan ulang tahun Israel yang ke 70.

Kementerian luar negeri Palestina memuji keputusan tim, mengatakan akan mengirim pesan "kuat dan jelas" kepada masyarakat Israel bahwa upaya para pemimpin mereka untuk menggunakan olahraga sebagai alat politik ditolak secara internasional.

Namun Israel gempar karena keputusan itu.

"Sangat disayangkan ksatria sepakbola Argentina tidak tahan terhadap tekanan para penghasut yang membenci Israel," kata Menteri Pertahanan Avigdor Lieberman. "Kami tidak akan menyerah di hadapan sekumpulan pendukung teroris anti-Semit."

Asosiasi Sepak Bola Israel juga mengisyaratkan bahwa keluhan resmi akan dikirim ke badan sepakbola dunia FIFA.

Kedutaan Besar Israel di Argentina mengatakan pertandingan itu dibatalkan, dengan menyebut adanya "ancaman dan provokasi" yang tidak disebutkan terhadap Messi.

Adapun Menteri Olahraga Israel Miri Regev, mengatakan bahwa pertandingan itu dibatalkan menyusul "ancaman oleh elemen teror yang dikirim kepada Messi dan keluarganya dan kepada pemain lainnya."

(T.RA/S: Al Awsat)

leave a reply
Posting terakhir