Majelis Umum PBB gelar sidang darurat untuk Gaza, Rabu mendatang

Al-Quds, SPNA - Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, Sabtu (09/06/2018) mengumumkan akan menggelar sidang darurat untuk Gaza Rabu mendatang.

BY adminEdited Sun,10 Jun 2018,10:23 AM

Al-Quds, SPNA - Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, Sabtu (09/06/2018) mengumumkan akan menggelar sidang darurat untuk Gaza Rabu mendatang.

Sejumlah diplomat Arab mengatakan bahwa Majelis Umum PBB akan kembali melakukan voting terhadap rancangan resolusi menuntut perlindungan warga Palestina.

 “Kami akan bekerja keras minggu mendatang untuk mengumpulkan jumlah suara terbanyak selama proses pemungutan suara,’’ tegas mereka.

Sidang Darurat tersebut diprakarsai oleh OKI dan Liga Arab.

Menurut  laporan AFP, sejumlah negara Eropa berupaya meyakinkan Palestina dan negara-negara Arab untuk tidak menyerukan pemungutan suara setelah AS memveto rancangan resolusi tersebut pekan lalu.

Sementara itu Delegasi Israel untuk PBB, Dany Danon mengecam Sidang Darurat tersebut. “Sangat disayangkan, bukannya mengutuk kelompok teroris Hamas, mereka justru berusaha mengambil langkah politik untuk merusak citra Israel di PBB. ‘’

Hingga saat ini belum jelas prosedur perlindungan internasional yang dituntut pemerintah Palestina terhadap Jalur Gaza.

Sejak 30 Maret lalu warga Palestia menggelar demonstrasi  Great March of Return menuntut pemerintah pendudukan Israel mengembalikan warga Palestina yang telah diusir sejak 1948 ke tanah air mereka.

Sebanyak 127 warga gugur dalam demonstrasi tersebut dan 14700 lainnya luka-luka.

(T.RS/S:RtArabic)

leave a reply
Posting terakhir