'Layang-layang pembakar' pemuda Gaza sebabkan kerusakan parah di Israel

Tingginya suhu udara pada hari Sabtu (16/06/2018) semakin memperparah kebakaran yang disebabkan oleh "layang-layang pembakar", yang diluncurkan para pemuda Gaza dan berhasil mendarat di komunitas selatan Israel, yang menyebabkan kerusakan parah, meski tidak ada korban jiwa.

BY adminEdited Mon,18 Jun 2018,10:36 AM

World Israel News - Gaza

Gaza, SPNA - Tingginya suhu udara pada hari Sabtu (16/06/2018) semakin memperparah kebakaran yang disebabkan oleh "layang-layang pembakar", yang diluncurkan para pemuda Gaza dan berhasil mendarat di komunitas selatan Israel, yang menyebabkan kerusakan parah, meski tidak ada korban jiwa.

Warga Palestina di Gaza terus meluncurkan "layang-layang pembakar" di Israel selatan pada hari Sabtu, dan meluncurkan api di sedikitnya 15 lokasi - beberapa di antaranya dekat dengan rumah-rumah penduduk.

Suhu yang luar biasa tinggi - 38 derajat Celcius - membantu api menyebar lebih jauh. Ratusan hetar lahan pertanian dan cagar alam hancur.

Petugas pemadam kebakaran Israel mencegah kobaran api menyebar ke depot penyimpanan benih di Eshkol Regional Council, Ynet melaporkan.

Menanggapi kondisi tersebut, Israel meluncurkan pesawat tak berawak.

"Pesawat IAF menembaki 'sel teroris' yang meluncurkan balon pembakar di Jalur Gaza selatan," kata Angkatan Udara Israel melalui twiteer.

Sejak akhir Maret, puluhan ribu warga Palestina di Gaza telah berpartisipasi dalam aksi "Great March Return" yang menuntut untuk kembali ke tanah leluhur mereka yang dirampas oleh Israel. Ratusan warga Palestina gugur dalam aksi tersebut.

Menanggapi aksi tersebut, PM Israel Benyamin Netanyahu mengatakan, “ini bukan protes tanpa kekerasan; justru sebaliknya. Kami melakukan segala yang kami bisa untuk meminimalkan korban, dan pada saat yang sama melindungi kehidupan Israel."

(T.RA/S: World Israel News)

leave a reply