PM Israel setujui pembangunan Jalur perdagangan darat dan laut yang menghubungkan Eropa dan negara Teluk

Tel Aviv, SPNA - Sejumlah stasiun TV Israel melaporkan, Sabtu (23/06/2018) bahwa PM Israel Benjamin Netanyahu menyetujui inisiatif Menteri Perhubungan Israel, ....

BY adminEdited Sun,24 Jun 2018,09:32 AM

Tel Aviv, SPNA - Sejumlah stasiun TV Israel melaporkan, Sabtu (23/06/2018) bahwa PM Israel Benjamin Netanyahu menyetujui inisiatif Menteri Perhubungan Israel, Yisrael Katz terkait pembangunan jalur perdagangan laut dan darat.

Jalur perdagangan laut tersebut akan menghubungkan antara Jaffa dan  Teluk Arab menuju Eropa melalui laut Mediterania. Sementara jalur darat,melalui pembanguan rel kereta api yang menghubungkan Jenin yang terletak di wilayah utara Palestina ke perbatasan Yordania menuju ke Negara Teluk.

Berdasarkan rencana tersebut  kapal-kapal dagang akan mencapai Teluk Arab dan Arab Saudi, dan   kereta api akan melewati sejumlah negara di Timur Tengah.

Berdasarkan laporan Channel 2 Israel, bahwa pemerintah AS, yang dipimpin oleh Donald Trump berada dibalik proyek tersebut.

Surat kabar Palestina Maannews menyebutkan bahwa pembangunan Jalur perdagangan tersebut memiliki tujuan politi dan ekonomi untuk meleburkan Israel ke wilayah-wilayah Arab  serta memudahkan normalisasi yang didasarkan janji-janji Amerika Serikat dan Israel untuk negara-negara tersebut.

Menteri Transportasi Israel, Yisrael Katz mengatakan bahwa Jalur kereta api tersebut dapat menghubungkan antara negara Eropa dan negara Teluk serta membantu meningkatkan perekonomian Palestina dan Israel.

Ia menambahkan, ‘’Pembangunan rel kereta api ini juga mengukuhkan peran Israel sebagai jembatan antara Eropa dan negara Teluk dan Asia, serta mengurangi ancaman Iran terhadap Israel. 

(T.RS/S:Maannews)

leave a reply
Posting terakhir