Jared Kushner: Meski tanpa Abbas, perdamaian Israel-Palestina akan segera terjadi

Ramallah, SPNA - Menantu dan penasihat senior Trump mengatakan dalam sebuah wawancara yang dipulikasikan pada hari Minggu (24/06/2018) bahwa pemerintahan Trump akan segera menghadirkan rencana perdamaian Israel-Palestina, ....

BY 4adminEdited Mon,25 Jun 2018,09:08 AM

Ramallah, SPNA - Menantu dan penasihat senior Trump mengatakan dalam sebuah wawancara yang dipulikasikan pada hari Minggu (24/06/2018) bahwa pemerintahan Trump akan segera menghadirkan rencana perdamaian Israel-Palestina, dengan atau tanpa masukan dari Presiden Mahmoud Abbas. Dalam wawancara yang dipublikasikan koran berbahasa Arab Al-Quds, Jared Kushner secara langsusng mengajukan banding pada pihak Palestina dan mengkitik Abbas, yang menjauhi tim utusan Trump di balik biasnya dugaan pro-Israel, terutama pada nasib Yerusalem yang diperebutkan.

Wawancara tersebut terjadi setelah sepekan perjalanan Kushner dan utusan Timur Tengah di sekitar wilayah tersebut. Tim tersebut telah menemui para pemimpin Israel, Yordania, Qatar, Mesir dan Arab Saudi untuk mendiskusikan situasi kemanusiaan yang semakin memburuk di Gaza dan usulan pemerintah terkait rencana perdamaian.

Pihak Palestina menolak untuk bertemu Kishner, dan para pemimpin telah mengkritik tim negosiasi Trump dalam beberapa hari terakhir.

Negosiator senior Palestina, Saeb Erekat, pada hari Sabtu (23/06/2018) menuding Kushner dan Greenblatt pada mencoba menjatuhkan pemerintah otonom Tepi Barat yang dipimpin Abbas dan mencabut bantuan badan PBB untuk pengungsi Palestina.  Pada hari Sabtu, Erekat meningkatkan kritiknya, mengatakan pada Channel 10 Israel bahwa pada negosiator Amerika “tidak netral” dan memprediksi bahwa rencana perdamaian pereka akan gagal.

(T.RA/S: CBS News)

leave a reply
Posting terakhir