Indonesia sediakan beasiswa penerbang bagi pemuda Palestina

Indonesia menyediakan 10 beasiswa bagi pemuda Palestina untuk menjadi penerbang. Demikian keterangan Fungsi Politik Palestina pada Kedutaan Besar RI di Amman, Yordania, Nico Adam.

BY 4adminEdited Tue,03 Jul 2018,03:59 PM

CNN Indonesia - Jakarta

Jakarta, SPNA - Indonesia menyediakan 10 beasiswa bagi pemuda Palestina untuk menjadi penerbang. Demikian keterangan Fungsi Politik Palestina pada Kedutaan Besar RI di Amman, Yordania, Nico Adam.

Seperti dilansir Antara, pendaftaran program beasiswa penerbang tersebut dibuka hingga tanggal 31 Juli 2018 dan proses seleksi akan dilakukan bekerja sama dengan KBRI Amman.

Pendiri dan CEO Sekolah Penerbangan Perkasa, Septo Adjie Sudiro mengatakan peluang beasiswa penerbang tersebut sudah disebarkan kepada masyarakat Palestina yang berada di Tepi Barat, Jalur Gaza, dan mereka yang berada di pengungsian.

"Mereka akan dididik mulai dari tingkat dasar sampai menjadi pilot komersial yang siap bekerja atau 'from Zero to Hero'. Dan pada saatnya mereka akan disalurkan untuk bekerja di maskapai penerbangan di Indonesia ataupun maskapai internasional," kata Septo seperti dikutip Antara, Minggu (1/7).

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Yordania, Andy Rachmianto, menyambut baik pelaksanaan program beasiswa penerbang tersebut dan menghargai semangat masyarakat Indonesia untuk membantu warga Palestina.

"Kita yang berada langsung di wilayah perbatasan dengan Palestina, yang setiap hari membaca, mendengar, dan menyaksikan kekerasan dan penindasan yang dialami oleh rakyat Palestina, ikut merasakan penderitaan dan kesulitan yang mereka hadapi," ujar Andy.

Atas dasar itu, lanjut dia, Pemerintah Indonesia sangat menghargai setiap gagasan dan langkah positif yang diambil oleh individu atau lembaga yang turut membantu program-program bantuan yang nyata bagi warga Palestina.

"Kita tidak hanya mendukung Palestina dalam meraih kemerdekaan, tapi juga dalam pembangunan bangsa. Sejak terpilih sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB untuk periode 2019-2020, Indonesia menempatkan Palestina menjadi isu prioritas," tegas dia.

Sejak 2008 silam, pemerintah Indonesia telah memberikan bantuan pengembangan kapasitas kepada lebih dari 1.800 warga Palestina melalui 158 kegiatan senilai lebih dari US$10 juta.

Indonesia telah menegaskan kembali komitmennya untuk mendukung dan membantu Palestina pada Konferensi Negara-negara Asia Timur Untuk Palestina atau Conference among East Asian Countries for Palestinian (CEAPAD III) di Bangkok, Thailand pada 26-27 Juni 2018.

Pertemuan tersebut telah menghasilkan pernyataan bersama yang berisi keprihatinan mendalam atas perkembangan situasi di Palestina, serta komitmen untuk memperkuat koordinasi anta negara anggota guna meningkatkan efektifitas bantuan pembangunan bagi Palestina.

Dalam pertemuan tiga tahunan itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan komitmen RI dalam Rencana Aktivitas Tiga Tahun CEAPAD 2019-2021 untuk membantu Palestina sebesar US$2 juta dalam bentuk program pembangunan kapasitas, antara lain di bidang pengairan, pertanian, pembangunan ekonomi, teknologi informasi dan komunikasi, pelatihan Interpol, dan pemberian beasiswa untuk berbagai tingkat pendidikan di perguruan tinggi, termasuk beasiswa untuk menjadi penerbang komersial.

(Sumber: CNN Indonesia)

leave a reply
Posting terakhir

MASYARAKAT INDONESIA BUKA PASAR SEMBAKO INDONESIA GRATIS DI PALESTINA, Bantuan dari Rakyat Indonesia untuk warga Gaza

 Pertama pasar sembako gratis digelar oleh masyarakat Indonesia Palestina tepatnya dikota Gaza, ratusan warga Gaza banjiri pasar sembako amanah dari rakyat Indonesia, mereka bebas memilih kebutuhan dan keperluan makanan sehari-hari seperti beras, minyak goreng, gula, garam, kurma, makarona dengan total 16 item jenis makanan, insya Allah pada Ramadhan 2019 ini kita gelar dengan program sama yaitu PASAR SEMBAKO INDONESIA GRATIS dan PASAR SAYUR DAN BUAH GRATIS, ungkap Abdillah Onim-Humanitarian activist and diplomacy Indonesia di Gaza.