Netanyahu dan Abbas akan hadiri final Piala Dunia di Rusia

Moskow, SPNA - Kedutaan besar Israel di Rusia, Selasa (03/07/2018) mengatakan bahwa Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu akan mengunjungi Moskow 11 Juli mendatang untuk ...

BY 4adminEdited Wed,04 Jul 2018,12:08 PM

Moskow, SPNA - Kedutaan besar Israel di Rusia, Selasa (03/07/2018) mengatakan bahwa Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu akan mengunjungi Moskow 11 Juli mendatang untuk bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Sebelumnya seorang pejabat kantor Perdana Menteri Israel menyatakan kepada surat kabar Rusia,  RIA Novosti,  bahwa pemerintah Rusia mengundang Netanyahu untuk mengunjungi Moskow serta menghadiri laga final Piala Dunia Rusia 2018 pada 15 Juli mendatang.

Kehadiran Netanyahu di Moskow dilaporkan bertepatan dengan kunjungan Presiden Palestina Mahmoud Abbas ke ibukota Rusia tersebut.

Kedutaan Palestina untuk Moskow, akhir Juli lalu menyatakan secara resmi bahwa Abbas akan tiba di Moskow pada 13 Juli mendatang dalam rangka  menghadiri final Piala Dunia serta bertemu Presiden Vladimir Putin.

Belum ada laporan resmi yang menyatakan kemungkinan pertemuan antara Abbas dan Netanyahu di Moskow.

Sebelumnya pemerintah Rusia menyatakan siap menyambut Abbas dan Netanyahu untuk memecahkan kebuntuan dalam penyelesaian konflik Israel-Palestina, khususnya setelah relokasi kedubes Amerika Serikat ke kota suci Yerusalem dimana hal ini melanggar kesepakatan  tahun 1967.

Pertengahan Mei lalu Pemerintah Amerika Serikat merelokasi Kedubesnya ke Yerusalem disusul  Guatemala dan Paraguay.

Hal ini dilakukan AS 5 bulan setelah Presiden Donald Trump mendeklarasikan bahwa seluruh wilayah Yerusalem adalah ibukota bagi Israel. 

Deklarasi Trump tersebut membuat hubungan Palestina – AS tegang dimana Palestina menolak menjadikan AS mediasi perundingan damai dengan Israel akibatnya AS memotong bantuan untuk UNRWA.

Majelis Umum PBB, Kamis (21/12/2017) menetapkan sebuah resolusi dengan dukungan 128 negara bahwa status Al-Quds harus diselesaikan melalui perundingan langsung antara Palestina dan Israel, sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB terkait.

(T.RS/S:RtArabic)

leave a reply
Posting terakhir