Israel bersiap merelokasikan warga kampung Khan Al-Ahmar

Yerusalem, SPNA - Tentara Israel bersiap menggusur warga Khan Al-Ahmar, timur Yerusalem. Mereka sudah mendirikan beberapa rumah karavan ...

BY adminEdited Mon,09 Jul 2018,11:02 AM

Yerusalem, SPNA - Tentara Israel bersiap menggusur warga Khan Al-Ahmar, timur Yerusalem. Mereka sudah mendirikan beberapa rumah karavan di desa Aiziriyah sebagai tempat relokasi, apabila Kejaksaan Agung menangkan gugatan penggusuran wilayah Khan Al-Ahmar.

Pihak Israel mengatakan bahwa warga tidak mengantongi surat izin mendirikan bangunan. Oleh karena itu mereka dianggap ilegal dan harus digusur. Padahal surat tersebut hampir mustahil diberikan pihak Israel kepada warga Palestina yang tinggal di wilayah kekuasaan mereka.

Beberapa hari lalu bentrokan sempat pecah antara warga dan tentara Israel yang mencoba melakukan penggusuran. Kejaksaan akhirnya memutuskan untuk menunda kasus Khan Al-Ahmar. Mahkamah Israel akan memutuskan perkara tersebut pada hari Selasa (10/7/2018).

Walid ‘Assaf seorang menteri yang bertugas mengawasi kependudukan Israel di tanah Palestina, dalam wawancara eksklusif dengan kantor berita ‘Wafa’ mengatakan, “Tentara Israel telah mendirikan karavan di kawasan Abu Dis dan Aiziriyah untuk mengggusur warga Khan Al-Ahmar.”

Ia bersama warga sepakat untuk menempuh dua langkah demi mempertahan Khan Al-Ahmar. Pertama, melalui jalur pengadilan. Mereka akan coba menghadirkan bukti kepemilikan warga atas tanah tersebut. Langkah kedua dengan mengajak warga untuk sama-sama mendatangi Khan Ahmar pada hari Selasa, agar pihak Israel tidak bisa melakukan penggusuran,andai mahkamah memenangkan pihak Israel.

Assaf menambahkan, bahwa permasalah Khan Al-Ahmar butuh campur tangan negara luar. Mereka bisa menekan Israel yang melanggar undang-undang internasional.

(T.HN/S:Maannews)

leave a reply
Posting terakhir