PM Israel perketat blokade terhadap Gaza

Jalur Gaza, SPNA - Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu, Senin (09/07/2018) dilaporkan akan memperketat blokade terhadap Jalur Gaza...

BY adminEdited Tue,10 Jul 2018,12:57 PM

Jalur Gaza, SPNA - Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu, Senin (09/07/2018) dilaporkan akan memperketat blokade terhadap Jalur Gaza dengan menutup gerbang Karam Abu Salim yang merupakan gerbang utama bagi kontainer yang membawa barang dan bantuan kemanusiaan untuk Jalur Gaza.

Netanyahu dalam sidang partai Likud menegaskan akan memperketat blokade terhadap Gaza untuk menekan Hamas.

Netanyahu juga menambahkan bahwa penutupan gerbang Karam Abu Salim akan disertai dengan tindakan lainnya, namun Ia tidak menyebutkan tindakan yang dimaksud, seperti dilansir The Time of Israel. 

Menteri Keamanan Israel Avigdor Lieberman juga menyatakan akan meminta militer untuk mengambil langkah-langkah serius membalas ‘’provokasi’’ Hamas di perbatasan Gaza.

Sementara itu Hamas menegaskan bahwa tindakan Israel menutup gerbang Karam Abu Salim serta mencegah masuknya bantuan kemanusiaan adalah kejahatan terhadap kemanusiaan.

Juru bicara Hamas Fauzi Barhoum dalam konferensi pers di Jalur Gaza menegaskan bahwa Israel harus bertanggung jawab akibat yang ditimbulkan dari tindakan tersebut.

Awal Februari lalu, Sekjen PBB Antonio Guterrez dalam sidang Komite HAM Palestina di PBB memperingatkan bahwa Gaza akan menjadi wilayah tak layak huni pada tahun 2020.

 ‘’Situasi kemanusiaan dan ekonomi di Jalur Gaza masih sangat buruk, PBB memperkirakan Gaza akan menjadi wilayah tak layak huni pada tahun 2020 jika tindakan nyata tidak segera diambil untuk memperbaiki layanan dan infrastruktur di wilayah tersebut,’’ terangnya.

‘’Krisis di Gaza disebabkan blokade oleh Israel mengancam 2 juta warga yang tinggal di bangunan-bangunan roboh dengan listrik yang tidak memadai ditambah kemerosotan ekonomi dan air yang tercemar. ‘’

‘’Blokade yang diberlakukan Israel sejak 13 tahun lalu telah melumpuhkan kehidupan di Gaza. Menurut statistik resmi terbaru, angka kemiskinan di Gaza mencapai sekitar 80%, sementara tingkat pengangguran mencapai 50%.’’

(T.RS/S:Palinfo)

leave a reply