Pasca serangan besar di Gaza, Hamas dan Israel sepakati gencatan senjata

Jalur Gaza, SPNA - Surat kabar Palestina melaporkan bahwa Hamas dan Jihad Islam menyatakan siap dengan gencatan senjata pasca serangan besar-besaran terhadap Gaza yang menewaskan 4 warga Paletina.

BY 4adminEdited Sat,21 Jul 2018,10:37 AM

Jalur Gaza, SPNA - Surat kabar Palestina melaporkan bahwa Hamas dan Jihad Islam menyatakan siap dengan gencatan senjata pasca serangan besar-besaran terhadap Gaza yang menewaskan 4 warga Paletina.

Juru bicara Gerakan Hamas Fauzi Barhoum, Jum’at malam (20/07/201) mengatakan:  “Gerakan Perlawanan Palestina, baik Hamas dan Jihad Islam sudah berkomunikasi dengan pihak Israel untuk melakukan gencatan senjata yang dimediasi Mesir dan lembaga internasional.’’

Sementara itu, Delegasi PBB untuk Timur Tengah, Nikolai Mladenov, mengatakan bahwa Hamas dan Israel sepakat dengan gencatan senjata. ‘’Gencatan ini tercapai karena kedua belah pihak tidak menginginkan perang, ‘’ terangnya.

Kesepakatan tersebut berhasil dicapai berkat usaha  Mesir dan PBB. ‘’Mesir, PBB , Qatar dan Turki menekan Hamas agar tidak membalas serangan Israel terhadap Gaza kemarin, ‘’ terang surat kabar Israel, Haaretz.

Sebelumnya Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyerang 60 lokasi pasukan perlawanan Gaza. IDF menjelaskan bahwa serangan tersebut dilakukan  pasca pembunuhan salah satu tentaranya di perbatasan Gaza. 4 warga Palestina gugur dalam serangan tersebut, seperti dilansir Menkes Gaza. 

Sejak Jum’at pagi, ratusan warga Palestina menggelar demonstrasi di perbatasan timur Gaza sehari setelah parlemen Israel meresmikan Undang-Undang Nasional Yahudi.

Menurut UU tersebut, warga Yahudi adalah satu-satunya yang berhak mengambil keputusan di wilayah yang  diduduki Israel. UU tersebut juga menetapkan bahwa Al-Quds Raya adalah ibukota Israel dan bahasa Ibrani adalah bahasa resmi negara.

UU tersebut  menuai kritikan tajam baik dari Palestina maupun organisasi internasional karena dinilai bertujuan menghapus hak-hak warga Palestina dan salah satu langkah untuk membersihkan etnis Arab yang tinggal di wilayah yang diduduki Israel.

Pekan lalu pasukan pendudukan Israel juga melancarkan serangan besar ke Gaza, yang menewaskan 2 warga dan melukai belasan lainnya. Serangan tersebut dibalas Hamas dengan 200 roket yang mendarat di permukiman Israel di dekat Gaza.

(T.RS/S:Maannews)

leave a reply
Posting terakhir