Gedung Putih: Israel memiliki hak untuk membela diri

Washington, SPNA - Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan pada hari Jumat (20/07/2018) bahwa Israel memiliki hak untuk membela diri terhadap serangan Hamas, ...

BY 4adminEdited Sat,21 Jul 2018,12:09 PM

Washington, SPNA - Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan pada hari Jumat (20/07/2018) bahwa Israel memiliki hak untuk membela diri terhadap serangan Hamas, dan menyerukan kepada kelompok yang mengontrol Gaza tersebut untuk mengakhiri eskalasi.

"Israel memiliki hak untuk membela diri. Agresi Hamas hanya menimbulkan kesengsaraan bagi Gaza. Banyak diantara para korban adalah mereka yang tidak melakukan kerusuhan tetapi masa depannya diredupkan oleh radikalisme Hamas. Hamas harus mengakhiri siklus bencana ini," ungkap pejabat tersebut kepada Channel 10.

Komentar itu muncul beberapa jam setelah jet-jet Israel pada Jumat malam menyerang puluhan sasaran militer milik Hamas di Gaza utara dan selatan, sebagai tanggapan atas insiden serius di dekat perbatasan tempat seorang tentara IDF tersbunuh.

Kemudian pada Jumat malam, Hamas dan Jihad Islam dilaporkan memberi tahu para mediator bahwa mereka siap untuk gencatan senjata yang mulai berlaku pada tengah malam.

Segera setelah eskalasi, utusan Timur Tengah PBB, Nickolay Mladenov, mendesak terjadinya kondisi yang stabil dengan mengatakan, “Semua orang di Gaza harus mundur dari tepi jurang. Bukan minggu depan. Bukan besok. Tapi sekarang juga! Mereka yang ingin memprovokasi orang Palestina dan orang Israel ke dalam perang tidak bisa berhasil.”

Pada hari Kamis, Jared Kushner, penasihat senior untuk Presiden AS Donald Trump, Jason Greenblatt, perwakilan khusus AS untuk negosiasi internasional, dan duta besar AS untuk Israel David Friedman mengatakan bahwa Hamas memperpanjang penderitaan warga Gaza.

(T.RA/S: Israel National News)

leave a reply
Posting terakhir