Arab Saudi siap melayani 90 ribu jemaah haji Iran

Riyadh, SPNA - Arab Saudi sedang mempersiapkan diri untuk menyambut jemaah haji tahun 2018. Tidak terkecuali Iran, Sebanyak 90 ribu Jemaah dari negara tersebut siap dilayani Arab Saudi, meski hubungan kedua negara sedang tidak baik.

BY 4adminEdited Sat,21 Jul 2018,12:38 PM

Riyadh, SPNA - Arab Saudi sedang mempersiapkan diri untuk menyambut jemaah haji tahun 2018. Tidak terkecuali Iran, Sebanyak 90 ribu Jemaah dari negara tersebut siap dilayani Arab Saudi, meski hubungan kedua negara sedang tidak baik.

Menteri Haji dan Umrah Saudi, Muhammad Saleh bin Taher Benten, menyebutkan Arab Saudi akan memperlakukan Jemaah haji Iran layaknya Jemaah haji lainnya. Pernyataan tersebut dikeluarkan pasca kritik pemimpin Iran Ali Khamenei terhadap pemerintah Arab Saudi terkait pelaksanaan haji.

Muhammad Saleh memantau sendiri kesiapan sektor penyambutan Jemaah Iran pada Kamis, (19/07/2018). Kepada stasiun televisi resmi Arab Saudi ia menjelaskan, “Para jemaah haji merupakan tamu Allah, warga Iran akan diperlakukan sama dengan Jemaah haji lainnya.”

Menurut pernyataan kepala urusan haji Iran, Hamid Muhammadi, kepada kontor berita ‘Fars’,  perusahaan pesawat terbang Arab Saudi dan Iran menyediakan 310 penerbangan bagi Jemaah haji Iran. Jemaah haji tersebut akan kembali ke negara mereka antara 26 Agustus sampai 15 September mendatang.

Pada tahun 2016, Iran tidak mengirim Jemaah hajinya disebabkan keretakan hubungan bilateral kedua negara. Hal tersebut dimulai sejak demonstran Iran menyerang kantor Duta Besar Arab Saudi di Teheran, sebagai aksi protes terhadap Arab Saudi yang menghukum mati seorang tokoh agama Syiah, Nimr An-Nimr, tahun 2016.

Berita lainnya, Menteri Haji dan Umrah Muhammad Saleh dalam kicauan twiternya menuliskan, “Arab Saudi siap menyambut dengan baik Jemaah haji dari Qatar.” Ia menganggap pemerintah Qatar masih keras kepala, padahal Arab Saudi telah banyak memberikan kemudahan kepada Jemaah haji Qatar.

Hubungan Qatar dan Arab Saudi memang sedang tidak bagus. Arab Saudi menuduh Qatar melakukan pendanaan terhadap beberapa organisasi teroris.

(T.HN/S:Sawa)

leave a reply
Posting terakhir

Arab Saudi Amankan 87 Jemaah Haji Ilegal

Demi menjalankan protokol kesehatan Covid-19, Keamanan Saudi menangkap 87 orang yang berusaha memasuki Masjidil Haram tanpa izin. Mereka akan dikenakan denda berlaku sebesar sepuluh ribu riyal Arab Saudi.

Langgar Petunjuk Pelaksanaan Haji Khusus, Arab Saudi Amankan Tiga Jemaah

Untuk menjamin keselamatan dan tidak tersebarnya virus Corona selama pelaksaaan ibadah haji berlangsung, Pemerintah Saudi berjanji akan mengambil langkah tegas terhadap jemaah yang tidak mematuhi peraturan. Sejauh ini, Otoritas Keamanan Saudi telah mengamankan tiga jemaah karena tidak mengantongi izin haji.