Menhan Israel ancam akan serang Gaza

Jalur Gaza, SPNA – Menteri Pertahanan Israel, Avigdor Lieberman,  mengancam akan melakukan operasi militer besar-besaran terhadap Gaza jika warga Gaza masih menemb

BY 4adminEdited Sun,22 Jul 2018,09:44 AM

Jalur Gaza, SPNA - Menteri Pertahanan Israel, Avigdor Lieberman,  mengancam akan melakukan operasi militer besar-besaran terhadap Gaza jika warga Gaza masih menembak layangan dan balon pembakar.

Dalam kunjungannya ke permukiman Israel di sekitar Gaza, Jum’at (20/07/2018) Lieberman mengatakan: “Saya belum berbicara dengan Hamas namun kami sudah mengadakan pembicaraan dengan seluruh pihak yang mendukung dengan situasi saat ini. ‘’

“Warga permukiman Israel di sekitar Gaza belum mampu menahan layangan dan balon udara yang membawa bahan bakar.’’

Jum’at lalu Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyerang 60 lokasi pasukan perlawanan Gaza. IDF menjelaskan bahwa serangan tersebut dilakukan  pasca pembunuhan salah satu tentaranya di perbatasan Gaza. 4 warga Palestina gugur dalam serangan tersebut, seperti dilansir Menkes Gaza. 

Sejak Jum’at pagi, ratusan warga Palestina menggelar demonstrasi di perbatasan timur Gaza sehari setelah parlemen Israel meresmikan Undang-Undang Nasional Yahudi.

Menurut UU tersebut, warga Yahudi adalah satu-satunya yang berhak mengambil keputusan di wilayah yang  diduduki Israel.

UU tersebut  menuai kritikan tajam baik dari Palestina maupun organisasi internasional karena dinilai bertujuan menghapus hak-hak warga Palestina dan salah satu langkah untuk membersihkan etnis Arab yang tinggal di wilayah yang diduduki Israel.

Pekan lalu pasukan pendudukan Israel juga melancarkan serangan besar ke Gaza, yang menewaskan 2 warga dan melukai belasan lainnya. Serangan tersebut dibalas Hamas dengan 200 roket yang mendarat di permukiman Israel di dekat Gaza.

(T.RS/S:Maannews)

leave a reply