Israel tangkap Lama Khatir, penulis dan aktivis perempuan Palestina

Tapi Barat, SPNA - Militer Israel, Selasa pagi (24/07/2018), melakukan penyisiran di wilayah Tepi Barat, hasilnya 14 warga Palestina di tangkap. Mereka juga menangkap seorang ibu, Lama Khatir, di Hebron.

BY 4adminEdited Wed,25 Jul 2018,03:43 PM

Tapi Barat, SPNA - Militer Israel, Selasa pagi (24/07/2018), melakukan penyisiran di wilayah Tepi Barat, hasilnya 14 warga Palestina di tangkap. Mereka juga menangkap seorang ibu, Lama Khatir, di Hebron.

Militer Israel masuk ke rumah-rumah warga dan menangkap siapa saja yang dianggap mencurigakan. Tak jarang mereka juga merusak harta benda warga.

Di kota Hebron, mereka menangkap Lama Khatir, seorang aktivis dan penulis yang selalu menyuarakan penderitaan rakyat Palestina. Ia ditangkap di depan keluarganya setelah militer Israel menerobos masuk ke rumahnya. Media sempat mengabadikan momen ketika Lama berpamitan dengan anak kecilnya, dan kemudian pergi di arak militer Israel, ke arah yang tidak diketahui tujuannya.

Lama Khatir adalah seorang penulis yang setia menyuarakan penderitaan rakyat Palestina. Lewat opininya tentang politik dan nasionalisme, ia mengkritik berbagai kebijakan yang menindas rakyat Palestina.

Tekanan dan teror bukan hal yang asing lagi baginya, bahkan suaminya Abu Usamah juga beberapa kali sempat mendekam di balik jeruji besi. Hal itu semua hanya untuk membuat Lama berhenti bersuara lewat tulisan-tulisannya.

Di pihak lain, Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Eid Raad Al-Husein mengatakan, Israel harus segera membebaskan anak-anak Palestina yang mereka tangkap. Husein juga mengajak semua pihak untuk menahan diri agar tidak tercipta konflik baru di Jalur Gaza.

Dalam pidatonya dalam sidang PBB, Al-Husein mengatakan situasi di jalur Gaza sangat rapuh. Berbagai kejahatan kemanusiaan sangat mungkin terjadi di sana.

Ia juga mengatakan, beberapa pekan terakhir, kerusakan besar-besaran terjadi di Tepi Barat, ratusan warga Palestina menjadi korban penangkapan tanpa dakwaan yang jelas.

(H.HN/S:Almayadeen)

leave a reply
Posting terakhir