Angkatan Laut Israel membajak kapal Freedom Flotilla yang membawa bantuan medis ke Gaza

Gaza, SPNA - Angkatan laut penjajah Israel, Minggu (29/07/2018), membajak Al-Awda Boat, salah satu kapal yang bergabung dalam Freedom Flotilla yang membawa bantuan medis ke Jalur Gaza, ...

BY 4adminEdited Mon,30 Jul 2018,12:25 PM

Gaza, SPNA - Angkatan laut penjajah Israel, Minggu (29/07/2018), membajak Al-Awda Boat, salah satu kapal yang bergabung dalam Freedom Flotilla yang membawa bantuan medis ke Jalur Gaza, yang telah dikepung Israel selama 12 tahun.

"Kapal Freedom Flotilla yang membawa pasokan medis untuk Gaza dibajak oleh pasukan Israel," kata International Coalition of Freedom Flotilla.

Kapal itu, yang membawa bantuan kemanusiaan dan pasokan medis, diperkirakan akan mencapai Gaza Minggu petang namun Angkatan Laut Israel membajaknya kurang dari 60 mil laut dari daerah kantong pantai yang diblokir tersebut, kata aktivis di kapal itu.

Bendera Norwegia dilepaskan dari kapal, yang lepas landas dari Italia dengan 22 aktivis di atas kapal, termasuk aktivis Israel Yonatan Shapira yang terlibat dalam upaya keempatnya untuk mematahkan blokade dari laut.

Aktivis lainnya berasal dari Australia, Kanada, Prancis, Jerman, Israel, Malaysia, Selandia Baru, Norwegia, Spanyol, Swedia, Inggris dan Amerika Serikat.

"Koalisi Freedom Flotilla menyerukan kepada Pemerintah Norwegia, pemerintah negara dari mereka yang berada di Al Awda dan Freedom Flotilla, pemerintah negara lainnya, serta organisasi internasional yang relevan untuk segera bertindak," kata Torstein Dahle, yang tergabung dalam Koalisi Freedom Flotilla.

“Masyarakat internasional harus memikul tanggung jawabnya dan menuntut otoritas Israel untuk memastikan keselamatan mereka yang berada di kapal, pengiriman cepat bantuan  kami untuk rakyat Palestina di Gaza, mengakhiri blokade ilegal Gaza dan berhenti menghalangi hak legal kami untuk melintas ke Gaza guna memberikan bantuan berupa persediaan medis yang sangat dibutuhkan. ”

(T.RA/S: Days of Palestine)

leave a reply
Posting terakhir